Hansi Flick Dipecat dari Timnas Jerman, 2 Calon Kuat Pengganti Mencuat

Pelatih Jerman, Hansi Flick
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

BERLIN – Hansi Flick resmi didepak dari jabatan sebagai pelatih Timnas Jerman. Keputusan penting itu diambail DFB hanya sembilan bulan sebelum menjadi tuan rumah Euro 2024, usai kekalahan memalukan 1-4 dari Jepang dalam laga uji coba pada Sabtu 9 September 2023.

Xavi Hernandez Beber Alasan Bertahan di Barcelona

Fakta mirisnya, Flick kini tercatat sebagai pelatih timnas Jerman pertama dan satu-satunya yang dipecat sejak 1926.

Presiden DFB Bernd Neuendorf mengatakan pemecatan itu tidak dapat terhindarkan setelah serentetan hasil mengecewakan yang didapat.

Pelatih Kiper Persebaya Surabaya Suntikan Semangat untuk Ernando Ari

"Dengan pandangan tertuju ke Euro di negara sendiri, kami memerlukan semangat optimistme dan kepercayaan diri," kata Neuendorf dalam pernyataannya seperti dikutip dari AFP.

Kejutan Indonesia U-23 Bikin Uzbekistan U-23 Ogah Kecolongan

Direktur olahraga Rudi Voeller akan mengambil alih posisi itu untuk sementara. Sebelumnya dia pernah melatih Timnas Jerman pada 2002. Cuma eks penyerang Der Panzer tersebut tidak akan memimpin tim sampai Euro nanti.

Julian Nagelsmann, yang sebelumnya menggantikan Flick sebagai pelatih Bayern Munich, disebut-sebut berpeluang mengisi posisi itu. Mantan pelatih Eintracht Frankfurt Oliver Glasner, yang juga sedang menganggur, disebut-sebut pula memiliki peluang untuk menggantikan Flick.

Jerman dipecundangi Jepang pada pertandingan persahabatan yang dimainkan di Wolfsburg. Mereka masih beruntung karena kiper Marc-Andre ter Stegen melakukan sejumlah penyelamatan penting untuk mencegah timnya dipermalukan lebih parah lagi.

Jerman kini telah mencatatkan empat kekalahan dari enam pertandingan mereka, sejak mereka terdepak lebih awal dari Piala Dunia pada Desember silam.

Pelatih Timnas Jerman, Hansi Flick.

Photo :
  • AP Photo/Matthias Schrader

Flick ditunjuk menjadi pelatih timnas pada Mei 2021 setelah masa kerja 15 tahun Joachim Loew berakhir. Flick merupakan pelatih kepala ke-10 timnas Jerman sejak Perang Dunia II.

Sebelumnya Flick membawa Bayern Munich memenangi tujuh trofi saat menangani klub raksasa itu selama 18 bulan. Pada delapan pertandingan pertamanya bersama timnas, pasukan Flick selalu meraih kemenangan.

Namun sejak itu ia hanya memenangi empat dari 17 pertandingan, dan Jerman kemudian tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya