Breaking News: Piala Dunia 2034 Diadakan di Arab Saudi, Indonesia Mendukung

Trofi Piala Dunia
Sumber :
  • Verdict

VIVA – Arab Saudi menjadi kandidat terdepan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 setelah Australia mengumumkan tidak akan mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah turnamen tersebut.

PSSI dan Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Calvin Verdonk Sama-sama Kasih Kode

Awal bulan ini, Kerajaan Arab Saudi menyampaikan surat keinginan kepada FIFA setelah badan sepakbola tersebut mengumumkan bahwa hanya penawar dari Asia dan Oseania yang akan dipertimbangkan untuk tahun 2034.

Dan Arab Saudi kemungkinan besar tidak akan mendapatkan persaingan apa pun setelah Football Australia mengumumkan pada hari Selasa 31 Oktober 2023, bahwa mereka telah memutuskan untuk tidak mencalonkan diri sebagai tuan rumah turnamen tersebut.

Hal yang Buat Erick Thohir Yakin Timnas Indonesia U-23 Tembus Final Piala Asia

“Kami telah menjajaki peluang untuk mengajukan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA dan – setelah mempertimbangkan semua faktor – kami telah mencapai kesimpulan untuk tidak melakukannya pada kompetisi 2034,” kata Football Australia dalam sebuah pernyataan.

'Sebaliknya, kami yakin kami berada dalam posisi yang kuat untuk menjadi tuan rumah kompetisi internasional wanita tertua di dunia, Piala Asia Wanita AFC 2026, dan kemudian menyambut tim-tim terhebat di dunia sepak bola untuk Piala Dunia Antarklub FIFA 2029.'

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Negara-negara yang berharap menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 harus menyatakan minat resminya paling lambat tanggal 31 Oktober dan perjanjian penawaran yang ditandatangani harus diajukan paling lambat tanggal 30 November.

Anggota FIFA kemudian akan memiliki kesempatan untuk memberi stempel pada tuan rumah 2030 dan 2034 pada akhir tahun 2024.

Arab Saudi – yang investasinya dalam sepakbola dan pengembangan Liga Pro mereka sendiri selama 12 bulan terakhir sangat besar – pada awalnya diperkirakan akan mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Tawaran tersebut melibatkan Yunani, Mesir, dan Arab Saudi yang menjadi tuan rumah bersama turnamen tersebut, namun rencana tersebut dibatalkan, dan Saudi bertujuan untuk menjadi satu-satunya tuan rumah pada tahun 2034.

Seperti yang dilaporkan Mail Sport awal bulan ini, tawaran yang diajukan negara bagian tersebut hanyalah 'kesepakatan', dan negara tersebut bergerak dengan kecepatan tinggi untuk mengamankan kompetisi sepak bola.

“Kami mengumumkan ambisi kami untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034, dan pengajuan resmi ini melanjutkan perjalanan kami untuk mewujudkan impian masyarakat kami menjadi kenyataan,” kata Yasser Al Misehal, Presiden Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF) dalam sebuah pernyataan ketika Kerajaan secara resmi menyerahkan surat niatnya.

'Kami sangat berkomitmen untuk menghadirkan tawaran paling kompetitif yang juga akan membantu menyatukan dunia melalui sepak bola.'

FA Saudi mengklaim bahwa 'lebih dari 70 Asosiasi Anggota FIFA dari berbagai benua telah secara terbuka menjanjikan dukungan mereka untuk Kerajaan tersebut.' Salah satunya adalah Indonesia melalui PSSI.

Ya, sebelumnya Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan sikap bahwa PSSI memberikan dukungan kepada Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah ajang empat tahunan ini. 

"Indonesia mendukung Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Di sisi lain Indonesia terus mempersiapkan diri untuk bidding World Cup berikutnya untuk zona Asia setelah 2034 dan kompetisi FIFA lainnya," ujar Erick lewat keterangan tertulisnya

Di sisi lain, Piala Dunia 2026 akan diadakan di Amerika Serikat, sedangkan tugas menjadi tuan rumah turnamen 2030 akan dibagi ke enam negara berbeda.

Spanyol, Maroko, dan Portugal akan menjadi tuan rumah turnamen utama, tetapi untuk memperingati hari jadi khusus tersebut, Uruguay, Paraguay, dan Argentina semuanya akan menjadi tuan rumah pertandingan pembuka.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya