Minim Tampil di Piala Dunia, Timnas Qatar dan Yordania Bentrok di Final Piala Asia 2023

Pemain Timnas Qatar rayakan kemenangan
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

QATAR – Ada persamaan dari dua finalis Piala Asia 2023, Timnas Yordania dan Timnas Qatar. Kedua negara Timur Tengah ini sama-sama bukan langganan Piala Dunia.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Jika berbicara sepakbola Asia, negara yang lolos ke Piala Dunia itu-itu saja. Dari mulai Arab Saudi, Korea Selatan, Jepang, Iran dan Australia.

Namun, lima negara tersebut tak ada yang menembus final Piala Asia 2023. Justru, Yordania dan Qatar yang minim tampil di Piala Dunia, yang mampu melesat hingga ke final.

Piala Asia U-23 Pakai Head to Head atau Selisih Gol? Ini Syarat Timnas Indonesia ke Perempat Final

Sepanjang sejarah, Yordania belum pernah lolos ke Piala Dunia. Sedangkan Qatar baru sekali yakni pada 2022 lalu, itu pun melalui jalur tuan rumah bukan kualifikasi.

Kita bicara dulu soal Yordania. Negara yang sempat bertemu Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, lolos ke 16 besar dengan modal pas-pasan melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final

Pemain Timnas Yordania rayakan kemenangan

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Di babak 16 besar Yordania, melewati adangan Irak yang sempat menghempaskan Jepang di fase grup. Yordania justru mampu menekuk Irak 3-2.

Hasil luar biasa diraih di semifinal. Yordania menekuk langgan Piala Dunia Korea Selatan 2-0 sekaligus memastikan tiket final Piala Asia untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Salah satu pencetak gol di semifinal Mousa Al Taamari mengatakan lolosnya Yordania ke partai final adalah mimpinya yang menjadi kenyataan.

“Saya memimpikan menjuarai Piala Asia sebulan lalu dan kini impian itu hampir menjadi kenyataan. Ini adalah momen yang membanggakan bagi saya,” kata pemain berusia 26 tahun yang bermain untuk klub Prancis Montpellier itu.

Laju Mulus Qatar
Dibandingkan Yordania, laju Qatar menuju final Piala Asia 2023 relatif mulus. Berstatus sebagai juara bertahan dan tuan rumah, mereka menyapu bersih kemenangan di penyisihan Grup A.

Qatar secara beruntun mampu mengalahkan Lebanon, Tajikistan dan China dan lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup A.

The Maroons lalu melewati adangan Palestina, Uzbekistan dan Iran untuk lolos ke final Piala Asia dua kali secara beruntun.

Pelatih timnas Qatar Marquez Lopez mengatakan strategi permainannya yaitu menyerang dengan menempatkan pemain-pemain cepat seperti Homam Ahmed, Yusuf Abdurisag, Akram Afif dan Almoez Ali sukses menghancurkan pertahanan Iran.

Timnas Qatar lolos babak 16 besar Piala Asia 2023

Photo :
  • afcasiancup

Pada babak semifinal yang dimainkan di Stadion Al Thumama, Al Rayyan, Rabu (7/2), timnas Qatar berhasil menumbangkan Iran dengan skor 3-2.

“Kami mencoba bermain dengan kecepatan tinggi dalam menyerang. Kami menempatkan empat pemain di lini serang yang kami tahu cepat,” kata Lopez, melansir dari AFC, Kamis.

“Kami mencoba mencari ruang di belakang pertahanan Iran. Kami sempat sukses dan keberuntungan menyertai kami hari ini. Kami akan merayakan kemenangan ini hari ini dan besok kami akan mulai mempersiapkan pertandingan final,” lanjutnya.

Final Piala Asia 2023 antara Qatar melawan Yordania akan digelar di Lusail Stadium pada 10 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya