Real Madrid Jadi Klub Sepakbola Paling Kaya di Dunia

Real Madrid juara Piala Super Spanyol 2023/24
Sumber :
  • AP Photo

Madrid – Setiap negara biasanya memiliki tim nasional sepak bola untuk mewakili negaranya di kejuaraan internasional. Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Setiap negara juga memiliki klub yang bersaing dalam kejuaraan negaranya. Ini mirip dengan klub-klub di Eropa yang terkenal karena pemain terbaik mereka, yang dapat dibeli dan dijual sesuai dengan strategi tim.

Real Madrid vs Sevilla

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez
Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!

Sepakbola menjadi olahraga yang paling menarik perhatian, sehingga pemilihan pemain semakin ketat.

Pemilihan pemain ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan strategi tim selama permainan. Jadi, di banyak negara, sekolah sepak bola didirikan untuk anak-anak yang ingin menjadi pemain sepak bola profesional.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

Klub sepakbola dapat berhasil jika setiap anggota tim berusaha sebaik mungkin dalam pekerjaan mereka. Tidak hanya pelatih dan pemain, tetapi juga pengelolaan tim yang baik diperlukan untuk mencapai kesuksesan klub.

Semua klub di seluruh dunia pasti membutuhkan dana untuk hal-hal seperti gaji pemain, gaji pelatih, dana untuk membeli pemain, dana untuk memperkuat tim, dan lain-lain.

Jika kita berbicara tentang keuangan tim sepakbola, ada beberapa klub yang sangat kaya, bahkan mungkin disebut sebagai klub paling kaya di dunia. Klub manakah itu?

Menurut analisis Deloitte, Real Madrid adalah tim sepakbola terkaya dengan pendapatan tertinggi. Klub yang dijuluki Los Blancos ini menghasilkan pendapatan sebesar 831 juta euro (Rp 14 Triliun) musim 2022-2023, dilansir dari Goodstats.

Manchester City, klub Liga Inggris, mendapat 826 juta euro (Rp 14 Triliun) di musim yang sama, kurang lebih hampir sama dari Real Madrid.

Paris Saint-Germain, tim dari Liga Prancis, menempati posisi ketiga dengan pendapatan 802 juta euro (Rp 13 Triliun), diikuti oleh Barcelona, tim asal Liga Spanyol, dengan pendapatan 800 juta euro (Rp 13 Triliun).

Manchester United, tim yang sama yang bermain di Liga Inggris, tetap berada di posisi kelima. Klub yang dikenal sebagai setan merah ini menghasilkan 746 juta euro (Rp 12 Triliun).

Real Madrid juara Piala Super Spanyol 2023/24

Photo :
  • AP Photo

Selanjutnya terdapat tim Jerman Bayern Munich sang Raja Bundesliga, memiliki pendapatan 744 juta euro (Rp 12 Triliun), menempatkannya di urutan keenam tim terkaya di dunia.

Di posisi ke-7 hingga ke-10 diduduki oleh Liverpool dengan pendapatan 683 juta euro (Rp 11 Triliun), diikuti oleh Tottenham dengan 632 juta euro (Rp 10 Triliun), Chelsea dengan 589 juta euro (Rp 10 Triliun), dan Arsenal dengan 532 juta euro (Rp 9 Triliun).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya