Penantian 120 Tahun, Ini 5 Fakta Bayer Leverkusen Juara Bundesliga Musim 2023/2024

Bayer Leverkusen Juara Bundesliga 2023/2024
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

Jerman - Bayer Leverkusen berhasil menjadi juara Bundesliga musim 2023/2024 setelah mengalahkan Werder Bremen dengan skor 5-0. Torehan tersebut membuat poin mereka tidak akan terkejar oleh Bayern Munich yang berada di peringkat kedua dengan perbedaan 16 poin.

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Selain itu juga, Bayer Leverkusen sukses menciptakan sejarah dengan meraih trofi Bundesliga pertama. Berikut beberapa fakta menarik Bayer Leverkusen juara Bundesliga musim 2023/2024:

1. Penantian 120 Tahun

Target PBSI Bawa Indonesia Kembali Juara Piala Thomas

Bayer Leverkusen juara Bundesliga 2023/24

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Bayer Leverkusen berhasil meraih trofi Bundesliga pertamanya. Klub telah mencetak sejarah baru, sejak Bundesliga pertama kali digelar pada 1903, itu artinya Bayer Leverkusen harus menanti 120 tahun untuk bisa merasakan gelar juara di kasta tertinggi sepakbola Jerman.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

2. Tidak Pernah Meraih Kekalahan

Selebrasi pemain Bayer Leverkusen

Photo :
  • ANTARA/AFP/ULRICH HUFNAGEL

Hingga matchday ke 29, Bayer Leverkusen tidak pernah menelan kekalahan dan hanya empat kali meraih hasil imbang. Maka tidak heran jika mereka mampu meraih juara Bundesliga meskipun masih menyisakan lima pertandingan lagi.

3. 2 Kunci Pemain Bayern Leverkusen

Bocah ajaib Bayer Leverkusen, Florian Wirtz, rayakan gol ke gawang Dortmund

Photo :
  • Twitter/@bayer04_en

Juaranya Bayer Leverkusen tak lepas dari sejumlah pemain mereka yang mampu tampil luar biasa di setiap pertandingannya. Diantaranya ada Viktor Boniface yang sudah mencetak 11 gol dan Florian Wirtz yang mencetak 11 gol.

Selain kedua pemain tersebut, ada beberapa pemain lainnya seperti Alex Grimaldo yang sudah mencetak sembilan gol.

4. Tangan Dingin Xabi Alonso

Pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Xabi Alonso pertama kali datang ke Bayer Leverkusen sebagai pelatih pada musim 2022/2023. Pada tahun tersebut Alonso hanya mampu mengatakan Leverkusen ke peringkat keenam.

Namun di musim kedua, berkat tangan dinginnya dan mampu mengubah pemain Bayer Leverkusen menjadi lebih berkualitas, mantan pemain Liverpool dan Real Madrid itu sukses membawa Bayer Leverkusen menjadi juara Bundesliga untuk pertama kalinya.

5. Pemain Bayer Leverkusen Diminati Klub Besar

Gelandang Bayer Leverkusen, Florian Wirtz.

Photo :
  • twitter.com/Bundesliga_EN

Bayer Leverkusen menjadi juara, pastinya ada sejumlah klub yang menginginkan pemain mereka. Hal ini sudah lumrah terjadi di sepakbola Eropa, seperti halnya Florian Wirtz yang diminati beberapa klub besar Premier League hingga LaLiga mengingat usianya masih 20 tahun.

Selain itu juga, Xabi Alonso ditawari sejumlah klub seperti Liverpool dan Real Madrid untuk menjadi pelatih. Namun pelatih asal Spanyol itu menegaskan masih akan bertahan satu musim lagi bersama Bayer Leverkusen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya