Pentolan Portugal Pepe Cetak Rekor Jadi Pemain Tertua di Euro 2024!

Bek Timnas Portugal, Pepe
Sumber :
  • AFP

JermanRekor baru kembali tercipta di Euro 2024 alias Piala Eropa 2024. Kali ini rekor tersebut datang dari pentolan Timnas Portugal, Pepe, yang dinobatkan sebagai pemain tertua di turnamen bergengsi benua biru itu menurut laporan AP News.

Toni Kroos Minta Pemain Muda Contoh Cristiano Ronaldo: Dia Punya Banyak Gol dan Mobil Mewah

Penggawa yang punya nama lengkap Kepler Laveran Lima Ferreira itu mematahkan catatan rekor pemain tertua sebelumnya oleh kiper Hungaria, Gabor Kiraly. Pepe tercatat bermain untuk Timnas Portugal di Euro 2024 di usianya yang memasuki 41 tahun 113 hari.

Pemain Timnas Portugal, Pepe dan Cristiano Ronaldo

Photo :
  • stadiumastro
Arsenal Siap Tukar Pemain Demi Bek Timnas Inggris di EURO 2024

Sebelumnya rekor pemain tertua hanya mencapai usia 40 tahun 86 hari. Itu terjadi saat Kiraly bermain melawan Timnas Belgia di babak 16 besar Euro 2016 lalu. Sementara Pepe tampil penuh pada laga yang berlangsung Rabu 19 Juni 2024 dini hari WIB tadi.

Timnas Portugal berhasil mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-1. Adapun pertemuan itu terjadi di Red Bull Arena Leipzig, Jerman.

Bela Timnas Argentina di Olimpiade 2024, Julian Alvarez di Ambang Rekor Mengerikan

Pepe sendiri menjalani debutnya bersama Timnas Portugal di usianya yang ke-24 tahun. Dia tampil pada 21 November 2007 di bawah asuhan pelatih Luiz Felipe Scolari. Saat itu Pepe diketahui masih berseragam Real Madrid.

Pepe saat Portugal melawan Maroko di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan

Tercatat sejauh ini Pepe sudah mengoleksi catatan capsnya bersama Timnas Portugal sebanyak 138 penampilan di semua kompetisi. Sebagai bek, dia mampu menyumbang delapan gol untuk A Selecao das Quinas-julukan Portugal.

Rekor pemain tertua ini terjadi tidak lama setelah rekor pemain termuda didapat oleh pemain Timnas Spanyol, Lamine Yamal. Menurut data Opta Joe,  dia tampil di usianya yang ke -16 tahun dan 338 hari ketika melawan Timnas Kroasia pada Sabtu 15 Juni 2024.

Selain dua rekor tersebut, Cristiano Ronaldo juga sukses mencatatkan rekor di Euro 2024. Dia telah menjadi pemain yang paling banyak tampil dalam enam edisi Euro (Piala Eropa).

Terlepas dari itu, Timnas Portugal saat ini menempati peringkat kedua klasemen Grup F Euro 2024. Mereka kalah selisih gol dari Timnas Turki yang duduk di puncak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya