VAR Menghancurkan Sepakbola di Euro 2024

Harry Kane terjatuh saat tendangannya dihalau Denzel Dumfries
Sumber :
  • Sportstar Hinda

VIVA – Ronald Koeman mengatakan VAR menghancurkan sepakbola setelah Inggris meraih kemenangan 2-1 di semifinal Euro 2024 melawan Belanda dengan penalti babak pertama yang kontroversial.

5 Fakta Mengerikan Inggris Usai Pecundangi Belanda di Semifinal Euro 2024

Inggris akan menghadapi Spanyol pada final Euro 2024 setelah penalti Harry Kane dan gol penentu kemenangan pada menit ke-91 dari Ollie Watkins memastikan kemenangan bagi tim asuhan Gareth Southgate.

Namun, kemenangan Inggris diwarnai dengan kontroversi karena pada menit ke-18 VAR mengindentifikasi adanya pelanggaran yang dilakukan bek Belanda Denzel Dumfries terhadap Kane. 

Kata Gareth Southgate Usai Inggris Buat Belanda Nangis

Wasit Felix Zwayer meninjau kejadian tersebut dan pada akhinrya memberikan hadiah tendangan penalti.

“Itu bukan penalti. Niatnya hanya untuk memblokir tembakan. Sepakbola semakin hancur karena keputusan VAR seperti ini. Hukuman seperti ini tidak akan diberikan di Inggris," kata Koeman, dilansir ESPN

Kenapa Tidak Ada Pertandingan Perebutan Tempat Ketiga Prancis Vs Belanda di Euro 2024

“Apa yang harus Anda lakukan sebagai bek? Saya pikir wasit bersiul untuk banyak hal konyol, tapi bukan itu alasan kami kalah," tegasnya.

Belanda mencapai semifinal setelah mengalahkan Rumania dan Turki di babak sistem gugur menyusul finis ketiga di babak penyisihan grup. 

Namun setelah berhasil mencapai empat besar meski kampanye grup mereka buruk, Koeman mengatakan ada cukup bukti untuk yakin tentang masa depan.

Ada banyak masa depan di tim ini. Secara umum, saya sangat bangga. Saya suka bagaimana mereka memberikan sesuatu di setiap pertandingan. Kami memulai dengan baik, tapi Inggris unggul di lini tengah dan kami harus mengubah keadaan," kata Koeman.

"Saya pikir kami adalah tim yang lebih baik, tapi mereka mencetak gol. gol mematikan di menit ke-91 dan tidak ada cara untuk meresponsnya," ucapnya.

Inggris melaju ke final sebagai underdog melawan Spanyol, tetapi mantan pelatih Barcelona Koeman yakin tim Southgate memiliki pemain untuk menang.

“Inggris menunjukkan sepakbola yang bagus hari ini. Spanyol bermain lebih menyerang dan sedikit lebih baik dalam bertahan, tapi Inggris berada di final sehingga mereka bisa memenangkan Euro," ucap Koeman.

"Pemain seperti Phil Foden dan Jude Bellingham adalah pemain kelas dunia dan mereka bisa membuat Anda mendapat masalah," pungkasnya
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya