Ricky Yakobi: Timnas Bisa Ulangi Sukses 1987

Indonesia Vs Malaysia Di Sea Games XXVI 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews – Mantan pemain timnas Indonesia, Ricky Yakobi, berharap timnas U-23 bisa mengulang kejayaan 1987 saat meraih medali emas dalam SEA Games yang berlangsung di Jakarta. Saat itu, Indonesia menaklukkan Malaysia dengan skor tipis 1-0 di partai puncak.

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

“Saya harap nanti timnas bisa tampil full team dan juga bisa mengulang kejayaan pada 1987 saat menjadi juara SEA Games di Jakarta,” ujar Ricky Yakobi saat dihubungi VIVAnews, Senin 21 November 2011.

“Harapan saya, adik-adik kita nanti bisa mengikuti sukses saya saat itu. Saya melihat semangat adik-adik untuk meraih gelar juara. Tinggal sekarang perlu fokus dan konsentrasi,” ujarnya.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Dihubungi terpisah, mantan pemain timnas Robby Darwis pun memiliki harapan yang sama. Pria yang kini menjabat asisten pelatih Persib Bandung itu juga menguraikan resepnya saat meraih medali emas SEA Games 1987 dan 1991.

“Saat merebut medali emas pada 1987, kuncinya adalah kebersamaan tim. Saat itu, kami tetap tanpa beban, meskipun harus tampil di depan pendukung sendiri. Dan saat merebut medali pada 1991, kami mengandalkan kerja keras, apalagi saat itu bermain di luar kandang (di Manila),” jelas Robby.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Pria yang mencetak 6 gol dari 53 penampilan bersama timnas ini juga memberikan saran bagi anak asuh Rahmad Darmawan itu. Menurut dia, timnas harus mewaspadai Malaysia yang bisa merepotkan.

“Timnas nanti harus tampil lebih tenang dan juga perlu kontrol emosi. Malaysia lawan yang seimbang bagi timnas dan juga cukup solid,” ujar Robby Darwis.

“Malaysia ini berbeda dari lawan-lawan yang lain. Timnas harus belajar dari kekalahan kemarin saat babak penyisihan,” lanjut asisten pelatih Persib Bandung ini.

Robby juga meminta agar lini belakang timnas waspada dari serangan-serangan yang dibangun Malaysia. “Para pemain harus tampil lebih sabar, terutama lini belakangnya. Jangan sampai kebobolan lebih dahulu, karena akan sulit untuk mengejarnya,” kata pria yang dulu berposisi sebagai bek tengah ini.

Indonesia akan menghadapi Malaysia di final SEA Games malam nanti, Senin 21 November 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya