Rekor Buruk Barca Lawan Klub Brasil

Barcelona Vs Al Sadd
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung Hoon

VIVAnews – Barcelona akan menghadapi Santos di final Piala Dunia Antarklub yang berlangsung Minggu, 18 Desember 2011 di International Stadium Yokohama. Barca wajib menaruh kewaspadaan tinggi terhadap klub asal Brasil itu karena mereka memiliki rekor yang kurang bagus setiap berhadapan dengan tim Brasil.

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Barca pertama kali mengikuti ajang ini pada tahun 1992. Saat itu turnamen ini masih bernama Piala Intercontinental yang langsung mempertemukan juara Liga Champions Eropa dengan juara Copa Libertadores Amerika Selatan.

Dalam pertandingan yang berlangsung di International Yokohama Stadium itu, Barca harus takluk oleh wakil Brasil, Sao Paulo dengan skor 1-2.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Pada tahun 2006, saat sudah bernama Piala Dunia Antarklub Barca melaju ke partai puncak dan kembali bertemu wakil Brasil, Internacional. Barca yang masih dilatih Frank Rijkaard harus takluk 0-1 dari wakil Brasil itu.

Barca memang akhirnya sanggup menjadi Juara Piala Dunia Antarklub untuk pertama kalinya pada 2009. Namun saat itu mereka bukan bertemu wakil Brasil. El Barca menundukkan wakil Argentina, Estudiantes 2-1 sekaligus menyempurnakan kesuksesan mereka saat itu dengan meraih 6 gelar.

Liverpool Gilas Barcelona di Wembley

Hal lain yang patut diwaspadai Barca, tim-tim asal Brasil memiliki tradisi bagus di ajang Piala Dunia Antarklub. Tercatat ada 3 tim Brasil yang sudah menjadi juara di ajang ini yakni Corinthians (2000), Sao Paulo (2005) dan Internacional (2006).

Santos juga memiliki rekor yang cukup bagus saat kejuaraan ini masih bernama Piala Intercontinental. Santos sudah dua kali meraih juara pada 1962 dan 1963.

Rekor Barcelona di Piala Intercontinental/Piala Dunia Antarklub

Piala Intercontinental 1992

Final: Sao Paulo 2-1 Barcelona

Piala Dunia Antarklub 2006

Semifinal: Club America 0-4 Barcelona

Final: Internacional 1-0 Barcelona

Piala Dunia Antarklub 2009

Semifinal: Atlante 1-3 Barcelona

Final: Estudiantes 1-2 Barcelona

Piala Dunia Antarklub 2011

Semifinal: Al-Sadd 0-4 Barcelona

Final: Santos vs Barcelona

(umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya