Qatar Bakal Habiskan Rp1.992 Triliun Demi Piala Dunia 2022

Trofi Piala Dunia
Sumber :
  • Astsports

VIVAbola - Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 mendatang. Demi menggelar pesta sepakbola terakbar sejagat raya itu, Qatar bakal menggelontorkan uang hingga ribuan triliun rupiah.

Perusahaan audit independen, Deloitte seperti dilansir USA Today memperkirakan Qatar akan menghabiskan dana sebesar USD200 miliar atau setara Rp1.992 triliun. Sebagian besar dana ini, yakni sebesar USD140 miliar, akan tersedot untuk menyiapkan sektor transportasi. Mulai dari pembangunan bandara dan jaringan kereta bawah tanah.

Sedangkan USD20 miliar akan dialokasikan untuk membangun sarana pariwisata. Qatar yang berpenduduk kurang dari 2 juta jiwa berharap menyedot hingga 4 juta turis selama perhelatan Piala Dunia 2022.

Sementara itu, Qatar juga rencananya akan membangun enam stadion baru. Sedangkan dua stadion bertaraf internasional yang sudah ada sebelumnya akan direnovasi agar lebih mentereng lagi.

Qatar memenangi proses bidding tuan rumah Piala Dunia 2022 pada 2010 lalu. Selain Qatar, beberapa negara Asia juga sempat mencalonkan diri, seperti Jepang, Korea Selatan dan Australia.

Suara-suara sumbang sebenarnya sempat bermunculan seiring terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Beberapa pihak menuding proses bidding telah dikotori oleh aksi suap. Namun, FIFA selaku induk sepakbola dunia menolak untuk menginvestigasinya.

Sementara itu, Piala Dunia terdekat akan digelar di Brasil pada 2014 mendatang. Demi event akbar ini, Brasil hanya menghabiskan dana sebesar USD14 miliar atau setara Rp139 Triliun. Meski demikian, baru-baru ini pemerintah Brasil tetap menuai protes besar-besaran dari warganya. (one)

Kepolisian Swiss Cium Keanehan di Piala Dunia Rusia & Qatar

Mau Booking Online Hotel Berbintang dan Tiket Pesawat Dengan Harga Superdiskon? Klik VIVAtravel http://viva.co.id/travel

Kantor pusat FIFA di Zurich, Swiss.

Rusia & Qatar Terancam Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Terkait dengan skandal korupsi di tubuh FIFA.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2015