Monaco Paling Jor-joran, Anzhi Banyak Terima Uang

Para pemain AS Monaco rayakan kemenangan
Sumber :
  • REUTERS/Regis Duvignau
VIVAbola
MU Putus Asa di Bursa Transfer Musim Ini
- Liga Inggris memang dinobatkan sebagai liga terboros di bursa transfer musim panas ini. Namun, klub yang paling jor-jorang ternyata bukan dari daratan Inggris melainkan Perancis.

Wenger Akui Monaco Pantas Lolos

Transfermarkt mencatat, klub asal Ligue 1, AS Monaco, adalah tim yang meraih "gelar" sebagai klub terboros di bursa transfer musim panas ini. Mereka mengeluarkan uang hingga 166 juta euro atau setara dengan Rp2,5 triliun untuk mendatangkan Radamel Falcao, Joao Moutinho, Fabinho, Sergio Romero, Geoffrey Kondogbia, dan lainnya.
Falcao Bawa Monaco Bungkam Arsenal


Menyusul di bawahnya adalah Real Madrid dengan pengeluaran sekitar 163 juta euro. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Los Blancos kini menghabiskan uang hanya untuk mengontrak pemain-pemain muda yang memiliki talenta luar biasa semacam Isco, Asier Illaramendi, Jese Rodriguez, hingga Gareth Bale.


Tiga tim lain yang memiliki pengeluaran terbesar adalah Tottenham Hotspur, Manchester City, serta Paris Saint Germain. Ketiganya mengeluarkan uang di kisaran 100 hingga 120 juta euro.


Untuk klub yang mendapatkan penerimaan terbesar di bursa transfer kali ini adalah Anzhi Makhachkhala. Klub milik taipan Rusia, Suleyman Kerimov tersebut, memang mengalami eksodus dari para pemainnya. Penjualan terbesar mereka adalah ketika melego Willian Borges da Silva ke Chelsea dengan nilai mencapai 33 juta poundsterling. Dan mereka mendapat akumulasi penerimaan sebesar 136 juta euro.


Sedangkan Spurs dan Madrid menjadi klub urutan kedua dan ketiga yang paling banyak menerima pemasukan dari penjualan pemain mereka. Spurs mendapat penerimaan sebesar 118 juta euro dan Madrid senilai 114 juta euro. Fakta ini menunjukkan bahwa Spurs hanya merugi sekitar 3 juta euro saja di bursa transfer musim ini. Sedangkan Madrid harus menambah 49 juta euro untuk menyeimbangkan neraca keuangan mereka yang goyah akibat aktifitas di bursa transfer. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya