Kembali Jadi Pemain Terbaik Afrika, Toure Cetak Rekor

Yaya Toure sabet gelar Pemain Terbaik Afrika 2014
Sumber :
  • REUTERS/Akintunde Akinleye
VIVAbola - Gelandang Manchester City, Yaya Toure kembali menyabet gelar Pemain Terbaik Afrika. Ini untuk kali keempat secara beruntun, pemain internasional Pantai Gading ini terpilih sebagai yang terbaik.

Seperti dilansir Soccerway, Toure sukses mengalahkan penyerang Gabon,  Pierre-Emerick Aubameyang dan kiper Nigeria, Vincent Enyeama. Pemain 31 tahun ini mencatat rekor sebagai pemain pertama yang menyabet penghargaan ini 4 kali beruntun.

Rekor sebelumnya adalah 3 kali beruntun. Striker Kamerun, Samuel Eto'o merebut Pemain Terbaik Afrika pada 2003 hingga 2005. Sebelumnya, gelandang Ghana, Abedi Pele menjadi yang terbaik pada 1991 hingga 1993.

Namun, jika melihat rekor secara keseluruhan, Toure masih sejajar dengan Eto'o. Mantan striker Inter Milan dan Barcelona ini juga sempat merebut gelar Pemain Terbaik Afrika sebanyak 4 kali.

Toure sukses menjadi yang terbaik setelah melihat penampilan bersama ManCity sepanjang tahun 2014. Mantan pemain Barcelona ini berhasil membawa The Citizens menjuarai Piala Liga dan Premier League. Dia juga sukses mencetak 24 gol dari 49 pertandingan.

Sementara itu, gelandang Porto, Yacine Brahimi merebut gelar Most Promising Talent. Pemain asal Aljazair ini mengalahkan duo Kamerun, Vincent Aboubakar dan Clinton N'jie. Brahimi berperan penting dalam membawa Aljazair lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Penghargaan Tim Nasional Terbaik jatuh pada Aljazair. Sementara pelatih ES Setif, Kheireddine Madoui terpilih sebagai Pelatih Terbaik usai membawa timnya menjuarai Liga Champions Afrika.

Baca juga:

Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan
Yaya Toure merayakan gol Manchester City

Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam

Yaya Toure berusaha untuk berdamai dengan bos ManCity

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016