Kepahlawanan Palestina dan Gol Pertama di Piala Asia

Timnas Palestina
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed

VIVAbola – Palestina memang baru saja memastikan diri gagal melaju dari babak penyisihan grup Piala Asia 2015 di Australia. Palestina dibekap Yordania dengan skor 1-5 dalam laga kedua penyisihan Grup D Piala Asia 2015 dan tak berpeluang lagi lolos ke babak berikutnya.

Tapi, fakta itu tak sedikitpun mengurangi kepahlawanan Palestina di turnamen sepakbola antar negara-negara di Asia tersebut. The Self-Sacrificing –julukan Palestina- membuat sejarah untuk pertama kalinya mencetak gol di Piala Asia.

Adalah Jaka Ihbeisheh yang membuat Palestina mampu menyarangkan satu-satunya gol ke gawang Yordania dalam pertandingan itu. Pada laga perdana Grup D, Palestina gagal mencetak gol usai menyerah 0-4 dari Jepang.    

Pada pertandingan terakhir Grup D, Palestina harus berhadapan dengan Irak pada 20 Januari 2015. Setelah mencetak gol pertama mereka di Piala Asia, Palestina bukan tak mungkin berhasrat meraih poin pertam atau bahkan kemenangan pertama di Piala Asia.

Ramzi Saleh dan kawan-kawan bukan hanya membanggakan rakyat Palestina yang bisa menyaksikan aksi mereka di televisi. Setidaknya, rakyat Palestina bisa sedikit melupakan konflik mereka dengan Israel lewat dukungan untuk tim asuhan Ahmed Al Hassan.

Di tengah krisis yang melanda negara mereka, tim sepakbola Palestina membuktikan eksistensi mereka di dunia. Sekuat apa pun Israel menghalangi usaha mereka bermain bola dengan menghancurkan stadion atau mempersulit mereka mendapatkan visa, sekeras itu pula perjuangan Timnas Palestina untuk bisa tampil di panggung Piala Asia 2015.    

Dengan segala keterbatasannya, Palestina memastikan lolos ke Piala Asia 2015 melalui jalur AFC Challenge Cup. The Self-Sacrificing mengalahkan Filipina di partai puncak dengan skor 1-0 dalam pertandingan yang berlangsung di di National Football Stadium, Male, Maladewa pada 31 Mei 2014.

Israel Hukum Pemain Palestina Ini 99 Tahun

Baca juga:

Rudal Israel Tewaskan Legenda Sepakbola Palestina

Torres Ikuti Jejak Messi "Kalahkan" Keangkeran Bernabeu

Demonstran Pro-Palestina Pukuli Pemain Sepakbola Israel

Rodgers Minta Inter Milan Lupakan Leiva

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya