FIFA Diguncang Skandal, Ini Reaksi UEFA

Bendera-bendera anggota FIFA di kantor Zurich, Swiss
Sumber :
  • REUTERS/Ruben Sprich
VIVA.co.id
Chelsea Disanksi Pemerintah Inggris, ke Mana FIFA?
- Kasus korupsi tengah mengguncang Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Beberapa
pejabat FIFA ditangkap
Standar Ganda FIFA, Kapten Timnas Rusia: Mereka Lupa
karena dituding terlibat korupsi senilai £65 juta.
Timnas Rusia Dihapus dari Game FIFA, Netizen: Israel Juga Dong!

Skandal inilah yang membuat Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) bereaksi keras. Organisasi pimpinan Michael Platini tersebut meminta kongres FIFA ditunda.


UEFA tak mau pemilihan presiden FIFA kali ini diwarnai kontroversi. Untuk itu, induk sepakbola di Eropa tersebut menyakini kongres harus ditunda setidaknya hingga enam bulan ke depan.


"Para anggota Komite Eksekutif UEFA yakin bahwa ada kebutuhan yang kuat untuk perubahan pimpinan FIFA dan sangat percaya bahwa Kongres FIFA harus ditunda, dengan pemilihan presiden FIFA yang baru akan diselanggarakan dalam waktu enam bulan ke depan," demikian pernyataan resmi dari UEFA.


Sebelumnya, juru bicara sekaligus direktur komunikasi FIFA, Walter De Gregorio, memastikan bahwa kongres FIFA akan tetap digelar pada 29 Mei mendatang. Dia mengatakan bahwa skandal ini tak ada hubungannya dengan kongres dan pemilihan presiden FIFA.


Keputusan ini mendapat kritikan keras dari Ketua Federasi Sepakbola Inggris (FA), Greg Dyke. Dia mempertanyakan kenapa petinggi FIFA tetap ngotot melaksanakan kongres di situasi yang tidak kondusif ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya