Penalti Ini Dianggap Membingungkan, Gol atau Tidak?

Tendangan penalti di kompetisi U-14 Skotlandia.
Sumber :
  • Youtube
<
Keren, Pemilik Hadiahi Seluruh Pemain Leicester Mobil Mewah
p>
Korsel Cetak 8 Gol pada Laga Perdananya di Olimpiade 2016
VIVA.co.id - Momen unik terjadi pada turnamen sepakbola U-14 di Skotlandia, akhir pekan lalu. Ketika dilangsungkan adu penalti, seorang pemain dianggap mencetak gol oleh wasit, tapi prosesnya mengundang banyak perdebatan.
Ancelotti Pede Tatap Musim Depan Bersama Bayern Munich


Dilansir
101 Great Goals
, dalam video yang beredar, sang kiper sukses membaca arah bola yang ditendang lawannya. Bola pun melayang sebelum kemudian ditangkap oleh kiper tersebut. Tapi, tangkapannya tak sempurna dan bola pun masuk ke gawang.


Sekilas, tak ada yang aneh. Bahkan sang penendang sudah menutupi wajah dia, lantaran kecewa tendangannya tak berbuah gol. Sedangkan kiper menunjukkan ekspresi puas telah mengantisipasi penalti itu, sebelum kemudian berlari ke arah samping gawang.


Tapi, wasit ternyata menganggap telah terjadi gol. Dia mengangkat tangan, seraya menunjuk bola yang berada di dalam gawang. Mengetahui hal tersebut, kiper tadi memasang wajah keheranan, karena dia merasa telah mengamankan bola.


Apakah keputusan tepat dari wasit? Umumnya, orang akan beranggapan bahwa jika bola berhasil ditepis kiper berarti sang penendang gagal. Tapi, dalam hal ini, bola dianggap masih aktif dan belum sepenuhnya berhenti.


Dan yang utama adalah sudut pandang wasit. Jika sang pengadil menganggap satu penalti belum benar-benar tuntas, maka kiper seharusnya mengamankan bola dari gawang sampai benar-benar berhenti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya