Copa America Cantenario 2016

Benamkan Haiti, Ekuador Pastikan Tempat di Babak 8 Besar

Para pemain Ekuador merayakan gol.
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Granja

VIVA.co.id – Mengusung misi wajib menang, Ekuador melakoni laga pamungkas di Grup B Copa America Centenario dengan optimal lewat kemenangan 4-0 atas Haiti di MetLife Stadium New Jersey, Amerika Serikat, Senin pagi WIB 13 Juni 2016. Ekuador harus memenang duel tersebut ini demi dapat memburu satu tiket ke perempat final, tampil impresif dan dominan sepanjang laga.

Pelatih Panama U-17 Puji Timnas Indonesia U-17 Setinggi Langit

Babak pertama dimulai, Ekuador langsung menekan serta menguasai permanian di lini tengah. Hasilnya, memasuki menit 11 Enner Valencia mampu mencetak gol dengan memanfaatkan penguasaan bola di sisi kanan pertahanan Haiti.

Gol ini pun rupanya mampu melecut semangat Antonio Valencia cs untuk terus menambah keunggulan.

Piala Dunia U-17: Ekuador Menang, Spanyol Melenggang

Mereka pun membuktikan hasil skema bermainnya itu dengan dapat melesakan gol kedua kembali dari kreasi apik Enner Valencia yang bekerja sama dengan Jaime Ayovi di babak kedua.

Memaksimalkan kelengahan pertahanan lawan di sisi kanan, serangan cepat Enner Valencia dapat dikonversikan dengan sempurna oleh Jaime Ayovi dimuka gawang Haiti di menit 20.

Terpopuler: Komentar Bima Sakti, Pengakuan Pelatih Ekuador soal Timnas Indonesia U-17

Hingga berakhirnya babak pertama, Ekuador tetap unggul dua gol atas Haiti yang memang sudah dipastikan tersingkir di Grup B hasil dari 2 kekalahan di laga sebelumnya.

Di 45 menit terakhir, serangan Ekuador pun tak mengendur. Beberapa pola serangan terus dicoba skuad asuhan Gustavo Quinteros itu guna menambah lesakan gol di laga ini.

Usaha itu pun berbuah hasil di menit 57. memanfaatkan umpan silang Jefferson Montero, Christian Naboa sukses menceploskan bola kegawang Haiti hanya dengan seklai kontrol yang membawa Ekuador makin menjauhkan skor 3-0.

Seolah tak mau ketinggalan untuk unjuk gigi, penggawa Manchester United, Antonio Valencia pun turut menyumbangkan golnya dalam kemenangan telak Ekuador ini.
Merangsek masuk kepertahanan lawan, Antonio Valencia mampu memperdayai bek Haiti yang sebelumnya gagal menahan  pergerakan Enner Valencia yang lolos dari perangkap offside. Aksi duo Valencia ini pun membawa Ekuador berjaya, 4-0.   

Melalui kemenangan ini, Ekuador untuk sementara memimpin klasemen Grup B dengan 5 poin dan masih akan menunggu hasil laga antara Brasil kontra Peru yang juga sama-sama menentukan langkah kedua tim tersebut menuju fase 8 besar.  

Pemenang laga Brasil melawan Peru nantinya akan dapat mendampingi Ekuador ke perempat final, dengan status juara Grup B, sedangkan Ekuador akan menjadi runner-up. Namun sebaliknya jika hasil Brasil versus Peru berakhir imbang maka Ekuador yang menjadi juara grupnya.

Susunan Pemain:

Ekuador: Alexander Dominguez (GK); Walter Ayovi, Arturo Mina, Fricson Erazo, Juan Paredes; Jaime Ayovi (Juan Cazares 46'), Christian Noboa, Carlos Gruezo (Fernando Gaibor 79'), Jefferson Montero, Antonio Valencia; Enner Valencia (Fidel Martinez 84').

Haiti: Johny Placide, Jerome Mechack, Kim Jaggy, Romain Genevois, Sthepane Lambese, James Marcelin (Jean Alexandre 79'), Jean Maurice, Kevin Lafrance (Max Helaire 71'), Kervens Belfort (Jeff Louis 70'), Sony Norde, Duckens Nazon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya