Ronaldo Legenda Brasil yang Pernah Jadi Kiper

Ronaldo Luis Nazario de Lima, legenda sepakbola Brasil
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Legenda timnas Brasil, Ronaldo Nazario bercerita soal posisi pertamanya bermain sepakbola. Meski ia dijuluki sebagai penyerang berbahaya di dunia, ternyata posisi Ronaldo pertama kali adalah sebagai penjaga gawang. 

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Pemain yang mendapatkan julukan El Fenomino memulai petualangan di sepakbola melalui futsal terlebih dahulu. Ronaldo bahkan lolos untuk posisi penjaga gawang. 

"Saya mencoba trial di Valqueire, tapi futsal sangat menantang ada sekitar 50 anak yang mengikuti trial saat itu," kata Ronaldo dilansir dari Marca. 

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

"Saya ingin berposisi sebagai sayap kanan, karena kaki kiri saya tidak terlalu bagus. Ada beberapa orang disetiap posisi, dan hanya ada tiga kiper. Saya mencoba sebagai kiper dan lolos," tambah pria yang kini menjadi ambasador dari Real Madrid ini. 

Menurut Ronaldo, namun setelah lolos dan memasuki latihan ia kemudian mengganti posisinya. Ronaldo menambahkan ia tidak pernah menyesal atas keputusannya itu. 

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Ronaldo menceritakan peralihannya dari futsal ke sepakbola. Sao Cristovaoa adalah klub pertama Ronaldo. 

Kemudian pada usia 15 tahun ia ke Cruzeiro, dan bermain selama semusim di tim junior. PSV Eindhoven adalah klub pertama yang membawa Ronaldo ke Eropa. 

"Saya tidak peduli dengan cuaca yang dingin. Saya hanya ingin menang," jelas Ronaldo. 

"(Saat saya berada di Real Madrid) adalah luar biasa. Saya bersenang-senang di sana. Terutama ada Zinedine Zidane yang memiliki skill luar biasa. Kami bersenang-senang baik di lapangan dan luar lapangan," kata Ronaldo.  
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya