Polandia, Kuda Hitam yang Harus Diwaspadai di Prancis

Penyerang Timnas Polandia dan Bayern Munich, Robert Lewandowski
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Polandia tidak banyak disebut di antara tim-tim yang menjadi favorit juara pada Piala Eropa 2016 di Prancis. Padahal, setidaknya ada satu nama populer dalam skuat The White Eagles, yaitu striker Bayern Munich, Robert Lewandowski.

Lengkap! Daftar 24 Tim Peserta dan Hasil Drawing EURO 2024

Performanya dalam beberapa musim terakhir, termasuk sejak masih berseragam Borussia Dortmund, membuat Manchester United sempat mengajukan tawaran fantastis. Dia bisa jadi pemain termahal di dunia, andai Bayern Munich melepasnya musim panas lalu.

Dilansir dari Sports Mail pada Kamis 9 Juni 2016, Lewandowski menjadi top scorer saat kualifikasi Piala Eropa dengan 13 gol. Tapi, Bialo-czerwoni atau Tim Putih Merah yang diasuh Adam Nawalka, juga tidak hanya memiliki Lewandowski.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Penyerang bertubuh tinggi besar tapi lincah itu bakal didukung bek dan gelandang yang berkualitas. Hanya nama-nama mereka yang mungkin belum terdengar, karena bermain di liga-liga yang tak banyak dapat sorotan.

Polandia lolos dari kualifikasi Grup D sebagai runner up, hanya kalah satu poin dari Jerman. Namun, Polandia mendapatkan 21 poin dari enam kali menang, tiga imbang dan hanya satu kali kalah. Sementara, 22 poin milik Jerman tercoreng dengan dua kekalahan.

Perebutkan 3 Tiket Sisa, Berikut Hasil Drawing Playoff EURO 2024

Satu catatan penting, Polandia mengalahkan Jerman 2-0 saat kualifikasi. Pencetak gol adalah Arkadiusz Milik dan Kamil Glik. Arkadiusz bermain di Ajak Amsterdam dan menjadi salah satu striker yang ditakuti di Liga Belanda (Eredivisie). Kamil Glik adalah bek tangguh milik Torino.

Ada lagi Grzegorz Krychowiak, gelandang pengatur serangan milik Sevilla. Untuk Piala Eropa 2016, Polandia memiliki sederet pemain yang sedang dalam performa terbaik. Adam Nawalka bahkan dalam dilema, saat harus memangkas skuat jadi 23 pemain.

Polandia mencetak 33 gol dari 10 pertandingan kualifikasi dan Jerman hanya 24 gol. Di Prancis, Polandia akan kembali bertemu Jerman di Grup D, bersama Irlandia Utara dan Ukraina. Melihat catatan perjalanan, mereka punya kesempatan besar untuk lolos ke babak selanjutnya.

Daftar 23 Pemain Polandia di Piala Eropa 2016:

Kiper: Lukasz Fabianski (Swansea City), Wojciech Szczesny (Roma), Artur Boruc (Bournemouth)

Bek: Thiago Cionek (Palermo), Kamil Glik (Torino), Artur Jedrzejczyk (Legia Warsaw), Michal Pazdan (Legia Warsaw), Lukasz Piszczek (Borussia Dortmund), Bartosz Salamon (Cagliari), Jakub Wawrzyniak (Lechia Gdansk)

Gelandang: Jakub Blaszczykowski (Fiorentina), Kamil Grosicki (Rennes), Tomasz Jodlowiec (Legia Warsaw), Bartosz Kapustka (Cracovia), Grzegorz Krychowiak (Sevilla), Karol Linetty (Lech Poznan), Krzysztof Maczynski (Wisla), Slawomir Peszko (Lechia Gdansk), Filip Starzynski (Zaglebie Lubin), Piotr Zielinski (Empoli).

Penyerang: Arkadiusz Milik (Ajax), Robert Lewandowski (Bayern Munich), Mariusz Stepinski (Ruch Chorzow)
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya