Motivasi Pemain Persija Tak Jatuh Meski Teco Hengkang

Latihan Perdana Persija
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan

VIVA – Asisten pelatih Persija Jakarta, Mustaqim menegaskan para pemainnya tak mengalami penurunan motivasi usai ditinggal Stefano Cugurra Rodrigues alias Teco. Ismed Sofyan dan kawan-kawan disebutkan tetap punya keinginan untuk memberi yang terbaik bagi tim.

Pelatih Persija Akui Keganasan Borneo FC

Teco memilih tidak memperpanjang kontrak bersama Persija. Padahal, di musim sebelumnya, dia membawa tim berjuluk Macan Kemayoran merebut gelar juara Liga 1.

"Saya pikir (motivasi pemain) luar biasa. Kami sampaikan kepada pemain, dalam sepakbola itu biasa keluar-masuk. Persija tetap harus kami bela," kata Mustaqim saat ditemui wartawan di Lapangan Sutasoma, Halim Perdana Kusumah, Jakarta, Selasa 8 Januari 2019.

Persija Kalah Beruntun di 3 Pertandingan, Ini Kata Pelatih

Mustaqim melanjutkan, para pemain Persija sudah begitu profesional. Mereka tahu, klub tetap menjadi yang pertama. Perpindahan pelatih atau pemain di setiap musimnya adalah hal biasa bagi mereka.

"Di mana pun kami berada, pakai bendera Persija, kamu harus membela Persija mati-matian. Kamu main di Persebaya atau Persib, kamu harus bela mati-matian klub kamu. Dan itu biasa. Pemain, pelatih keluar itu biasa," jelas eks asisten Aji Santoso di Timnas Indonesia U-23 tersebut.

Pelatih Persija Setuju Syahrian Abimanyu Kena Kartu Merah Lawan Borneo

Selepas kepergian Teco, Persija belum memiliki pengganti. Nama Ivan Venkov Kolev sudah santer dikaitkan dengan klub kebanggaan warga Ibukota tersebut.

Untuk mengisi kekosongan, Mustaqim dipercaya untuk memimpin latihan. Dia tak banyak memberi program, karena saat ini lebih fokus ke pengembalian kondisi fisik para pemain.

"Sementara ini saya hanya meneruskan sebagaimana ketika latihan. Mereka sudah sangat paham, ketika pelatih kepala sudah ganti, skema yang akan dipakai harus diikuti, sambil menyiapkan fisik mereka," ujar Mustaqim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya