Persija Pincang di Liga Champions Asia, Ini Reaksi Kolev dan Simic

Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev
Sumber :
  • Twitter/@Persija_Jkt

VIVA – Kabar buruk datang dari skuat Persija Jakarta, justru saat Marko Simic cs baru saja memetik kemenangan telak atas Kepri Jaya. Ya, skuat Macan Kemayoran dipastikan pincang saat berlaga di kualifikasi Liga Champions Asia 2019.

Barito Putera Vs Persija, Thomas Doll: Pertandingan Buruk

Persija sebelumnya berhasil menggilas Kepri Jaya dengan skor 8-2 dalam laga leg 1 babak 32 besar Piala Indonesia 2018, di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Rabu 23 Januari 2019.

Akan tetapi, kebahagiaan Persija berkurang saat mendengar kabar bahwa AFC menolak dispensasi yang diajukan PSSI terkait peluang bermain empat pemain anyar. Ya, keempat pemain anyar Persija dipastikan takkan bisa bermain di ajang Liga Champions Asia. 

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Keempat pemain anyar yakni, Vinicius Lopes, Jahongir Abdumuminov, Bruno Matos dan Ryuji Utomo belum mengantongi International Transfer Certificate (ITC). Sementara, ITC adalah syarat bisa bermainnya seorang pemain anyar di level internasional.

Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah mundurnya jadwal Liga 1 2019, dikarenakan bakal digelarnya pesta demokrasi rakyat Indonesia, Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif. Pemilu akan digelar pada 17 April, sementara Liga 1 2019 rencananya akan digelar antara 1-8 Mei.

Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

Mundurnya jadwal Liga 1 2019 jelas berpengaruh terhadap masa bursa transfer. Bursa transfer di Indonesia baru akan dibuka pada 15 Februari hingga 9 Mei. Padahal, Persija sudah akan berlaga melawan Home United di babak pra eliminasi kualifikasi Liga Champions Asia 2019, 5 Februari 2019.

Menerima kenyataan ini, Ivan Kolev angkat bicara. Juru taktik anyar Persija ini ternyata tampak santai menanggapi kabar ini. Meskipun tahu timnya bakal pincang, Kolev ternyata cukup legowo. Kolev bahkan masih bisa tersenyum saat menjawab pertanyaan wartawan saat ditanyai soal itu.

"Kenapa Anda membuat saya teringat itu?" kata Kolev kepada wartawan sambil melempar tawa.

"Ya, memang masalah ini cukup merugikan kami. Tapi, aturan ini harus kami menerimanya," ucapnya.

Bintang kemenangan Persija, Marko Simic

Sementara itu, bomber andalan Persija, Marko Simic, juga memberikan reaksinya terhadap masalah ini. Penyerang asal Kroasia ini juga merasa Persija dirugikan. Simic meminta seluruh pihak agar berpikir realistis terhadap target Persija di Liga Champions Asia pasca keputusan ini. 

Meski demikian, Simic yakin bahwa dengan skuat yang ada saat ini bisa tampil maksimal di Liga Champions Asia nanti.

"Keputusan ini mengecewakan dan merugikan kami. Yang jelas semua harus realistis dengan tim yang ada. Tapi, kami pasti akan memberikan yang terbaik. Sebab, kami memiliki skuat juara," ujar Simic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya