Preview Indonesia vs Oman

Merah Putih Akan Tampil Terbuka

VIVAnews - Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Benny Dolo tidak punya pilihan lain saat berhadapan dengan Oman pada lanjutan Pra Piala Asia (PPA) 2011, Rabu 6 Januari 2010. Mantan pelatih Arema Malang itu akan menginstruksikan pemain-pemainnya untuk tampil terbuka.

Indonesia memang sangat membutuhkan kemenangan untuk tetap menjaga peluang menuju putaran final Piala Asia 2011. Pasalnya, saat ini Tim Merah Putih masih berada di dasar klasemen sementara Grup B dengan koleksi 3 poin dari 4 laga.

Benny Dolo kepada wartawan di Hotel Sultan, Senayan Jakarta, Selasa 5 Januari 2010, mengatakan akan melakukan sedikit perubahan terhadap penampilan timnya. Strategi ini berisiko Indonesia kebobolan banyak gol.

"Pertandingan besok sangat menentukan untuk lolos ke putaran selanjutnya," kata Benny.

"Ada sedikit perubahan yang akan kami lakukan. Kami tidak punya pilihan lagi. Kalau kalah ya kalah banyak, tapi kalau menang, kemungkinan juga akan menang besar," kata Bendol.

Indonesia memang sempat menahan imbang tuan rumah Oman 0-0 pada duel perdana PPA 2011, 19 Januari 2009. Namun, pertandingan ini tentu bukan patokan karena saat itu Oman tidak dalam kondisi full team dan kelelahan usai menjaurai Piala Teluk.

Problem Kebugaran

Bendol juga sadar dengan kondisi ini. Menurutnya, secara individu pemain Indonesia masih di bawah Oman. Karena itu, untuk mengimbangi permainan pasukan Claude Re Roy, Bendol meminta pemainnya untuk tampil kolektif.

"Ada perbedaan kualitas individu antara pemain kami dan Oman. Apalagi, postur tubuh mereka jauh di atas rata-rata. Karena itu kami akan bergerak secara tim," kata Bendol.

Merah Putih masih bermasalah dengan kebugaran beberapa pemainnya. Kondisi paling parah dialami Isnan Ali. Pemain Sriwijaya FC itu masih berkutat dengan cedera hamstring dan belum bisa berlatih secara normal.

Tak hanya itu, Indonesia juga tidak akan diperkuat oleh dua pilar inti, yakni Maman Abdurahman dan Ismed Sofyan. Maman absen karena akumulasi kartu kuning, sedangkan Ismed tak bisa main karena menerima kartu merah saat lawan Kuwait.

"Kami masih melihat kondisi terakhirnya hingga latihan malam ini. Sedangkan untuk pengganti Maman dan Ismed, kami sudah punya pemain lain yang tak kalah kualitasnya," pungkas Bendol.

Wow! Arab Saudi Bakal Beli Wilayah Ras Ghamila Milik Mesir Rp 564,6 Triliun
VIVA Militer: Tentara Israel di Jalur Gaza, Palestina

Geger Ratusan Tawon Serang Pasukan Israel di Gaza, Belasan Tentara Terluka

Insiden tak biasa terjadi di Gaza Selatan. Belasan tentara Israel mengalami luka-luka setelah diserang ratusan tawon. Mereka pun harus mendapat perawatan di rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024