Daftar Top Scorer Liga 1 2019, di Mana Posisi Pemain Lokal?

Striker Persela Lamongan, Alex Dos Santos Goncalves.
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto (18-05-19)

VIVA – Liga 1 2019 masih menjadi panggung untuk striker asing. Hingga pekan ke-15, pemain Indonesia tak terlihat di posisi 5 besar pencetak gol terbanyak.

Pencapaian Indonesia U-23 Hasil Upaya Semua Pihak

Untuk sementara, daftar top scorer masih diduduki bomber Persela Lamongan, Alex dos Santos. Pemain asal Brasil itu telah mencetak 12 gol.

Meski demikian, Alex sudah dua laga puasa mencetak gol. Kali terakhir dia merobek jala lawan ketika berhasil membuyarkan kemenangan Persib Bandung di Stadion Surajaya, Lamongan, 8 Agustus 2019. Ketika itu, Persela dan Persib bermain seri 2-2.

Xavi Hernandez Beber Alasan Bertahan di Barcelona

Selain itu, total gol yang telah diciptakan Alex belum banyak membantu tim. Pasalnya, Laskar Joko Tingkir saat ini masih terjerembab di zona degradasi. Untuk sementara, Persela berada di peringkat ke-16 dengan poin 12 dari 14 laga yang telah dijalani.

Di peringkat 2 daftar pencetak gol terbanyak ditempati penyerang Persija Jakarta, Marko Simic. Pemain asal Kroasia itu benar-benar menjadi tulang punggung bagi Macan Kemayoran.

Bocah Super Arsenal Tak Cuma Andalkan Bakat

Striker Persija, Marko Simic

Buktinya, dari 11 pertandingan yang sudah dijalani, Persija telah mencetak 15 gol. Namun, 11 gol yang tercipta lahir dari kaki atau kepala Simic. 

Sama seperti Alex, meski berada di daftar atas pencetak gol terbanyak, Simic belum mampu membawa Persija berada di papan atas klasemen. Saat ini, Persija hanya berjarak satu strip dari Persela di zona degradasi. Yang membedakan keduanya hanya produktivitas gol.

Simic memiliki jumlah gol yang sama dengan striker Tira Persikabo, Ciro Alves. Berbeda dengan Simic, Ciro sukses mengangkat Tira Persikabo bertengger di papan atas klasemen.

Pemain Tira Persikabo, Ciro Alves

Tira Persikabo sempat nyaman di puncak selama 14 pekan, namun posisi itu akhirnya direbut Bali United setelah takluk 1-2 di Stadion Pakansari, Kab Bogor, pekan lalu.

Di peringkat 4, ada penyerang Bali United, Melvin Platje. Pemain asal Belanda itu telah membukukan 10 gol. Sementara itu, di peringkat 5 ada legiun asing Arema FC, Makan Konate, dengan koleksi 9 golnya.

Gelandang Arema FC, Makan Konate, merayakan gol

Menariknya, Konate bukanlah pemain yang berposisi sebagai striker. Posisi asli pemain asal Mali itu adalah gelandang serang. 

Untuk pemain lokal, tampaknya masih di bawah. Irfan Jaya (Persebaya Surabaya) dan Beto Goncalves (Madura United) menjadi yang terproduktif dengan torehan 7 gol.

Daftar pencetak gol ini tentunya masih akan terus berubah. Mengingat kompetisi masih menyisakan 29 pekan lagi. Menarik menanti siapa striker yang paling mematikan di kompetisi musim ini. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya