Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Piala Asia, Wakil ASEAN Lainnya Kandas

Pemain Timnas Indonesia U-16.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama.

VIVA – Timnas Indonesia U-16 memastikan diri lolos ke Piala Asia U-16 2020 yang akan berlangsung di Bahrain. Skuat asuhan Bima Sakti itu lolos dengan status runner up terbaik.

Forum Bank Sentral Asia Timur, BI Pamer Ekonomi RI Kuat di Tengah Ketidakpastian

Tergabung di Grup G kualifikasi Piala Asia U-16, Skuat Garuda Muda tampil apik. Mereka memetik tiga kemenangan dan sekali imbang sepanjang kualifikasi yang berlangsung di Jakarta.

Total 10 poin yang didapatkan Timnas sama dengan juara grup, yakni China. Namun, anak-anak dari Negeri Tirai Bambu unggul selisih dua gol atas Timnas U-16.

Sutradara Joko Anwar dan Yeon Sang-ho Bahas Soal Kisah-kisah Asia dalam Film Terbaru di Netflix

Karena berada di peringkat kedua Grup G, Timnas U-16 kemudian dihitung perolehan angka dan golnya pada bagian runner up terbaik. Dari sana ada empat slot tiket untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-16.

Dalam aturannya, poin untuk runner up terbaik sah setelah dikurangi hasil pertandingan melawan tim juru kunci. Kemenangan 15-1 Timnas U-16 atas Mariana Utara pun dihilangkan.

Panas Ekstrem Hingga 45 Derajat Celcius, Filipina dan Bangladesh Tutup Ribuan Sekolah

Dengan begitu, Timnas U-16 mengumpulkan tujuh angka dan memiliki selisih 12 gol. Catatan itu menempatkan mereka pada urutan kedua klasemen runner up terbaik di bawah Yaman yang juga surplus 12 gol.

Sedangkan tempat ketiga dan keempat pada slot tersebut ditempati Uzbekistan dan Oman. Mereka juga memiliki tujuh poin dengan surplus tiga gol.

16 tim sudah memastikan diri bakal bermain di Piala Asia U-16 2020 mendatang. Timnas U-16 menjadi satu-satunya wakil dari ASEAN, karena Vietnam dan Thailand gagal bersaing memperebutkan tempat terbaik di masing-masing grupnya.

Berikut daftar lengkap peserta Piala Asia U-16 2020, dikutip dari laman resmi AFC:

Bahrain (tuan rumah)
Tajikistan (juara grup A)
India (juara grup B)
Iran (juara grup C)
Arab Saudi (juara grup D)
Qatar (juara grup E)
Uni Emirat Arab (juara grup F)
China (juara grup G)
Australia (juara grup H)
Korea Utara (juara grup I)
Jepang (juara grup J)
Korea Selatan (juara grup K)
Yaman (runner up terbaik)
Indonesia (runner up terbaik)
Uzbekistan (runner up terbaik)
Oman (runner up terbaik)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya