Heboh Timnas U-19 Naturalisasi Pemain Brasil, Lelucon dan Mainan Agen

Dua pemain muda Brasil ikut latihan Persija Jakarta
Sumber :
  • Persija.id

VIVA – Timnas Indoneia U-19 dalam sorotan setelah isu berkembang ada lima pemain Brasil yang bakal dinaturalisasi. Mulanya, dua klub besar Indonesia, Persija Jakarta dan Arema FC yang mendatangkan pemain asal Brasil berusia 19 tahun.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Henrique Bartoli Jardim dan Hugo Gilherme Correa Grillo ikut dalam latihan Arema FC pada Selasa 19 Agustus 2020. Sehari kemudian giliran Persija yang kedatangan Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima dalam sesi latihannya.

Madura United diprediksi bakal menampung pemain asal Brasil. Lewat Twitter resminya, MU sudah memberi kisi-kisi dengan menyebut akan ada pemain muda yang gabung latihan sebagai proyeksi masuk ke Timnas Indonesia U-19.

Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

Hal itu dilakukan lantaran ada regulasi baru yang dikeluarkan operator kompetisi (LIB) dan PSSI. Setiap klub Liga 1 wajib memasukkan dua nama di bawah 20 tahun dalam Daftar Susunan Pemain (DSP). 

Timnas Indonesia U-19 Panggil 34 Pemain Jalani TC Persiapan AFF U-19, Berikut Daftar Lengkapnya!

Dari situlah muncul isu akan adanya invasi pemain Brasil di Indonesia. Pasalnya, tujuan regulasi pemain U-20 mendukung lahir dan terasahnya bakat-bakat muda untuk membela Timnas U-19 dan U-20. 

Timnas U-19 yang menjadi cikal akan lebih dulu tampil pada Piala Asia U-19 tahun ini, setelah itu baru tampil di Piala Dunia U-20. 

Rumor ini pun menjadi perbincangan hangat publik sepakbola nasional. Bahkan, pelaku sepakbola Tanah Air juga ikut memberikan respons. Salah satunya adalah pelatih Persib Bandung, Robert Albert.

Namun, pelatih asal Belanda tersebut sepertinya tidak setuju dengan kemungkinan-kemungkinan itu dengan menganggapnya sebagai lelucun. "Apakah ini lelucon," tulis Albert di kolom komentar salah satu akun instagram sepakbola nasional.

Bukan cuma tanggapan dari Robert, kapten Borneo FC, Diego Michiels ikut bersuara. Sama dengan Robert, tanggapannya menjurus tak setuju. 

Bahkan, bek 30 tahun itu menduga  lima pemain Brasil yang akan dinaturalisasi adalah permainan agen. "Agen yang main ini," tulis Diego sembari memberikan emoji tertawa.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

Sementara Presiden Persija, Mohamad Prapanca mengatakan, kedua pemain Brasil tersebut masih dalam tahap penilaian. Jika mereka memiliki kualitas bagus, ada peluang direkrut. 

“Melihat perkembangan situasi dan kondisi yang terjadi, maka kami memutuskan untuk mencoba menambah amunisi pemain asing untuk melengkapi komposisi tim," ujar Panca, dikutip dari laman resmi klub.

"Apakah kita pakai semua, atau salah satu saja, tentu tergantung dengan situasi dan kondisi serta kebutuhan dari tim,” imbuhnya.

Baca Juga:

Pengakuan Pesilat Chintya Saat Digeruduk Juara Dunia, Siapa Bohong?
Curhat Chintya Candranaya Dituduh Hina MMA, Bawa-bawa Tony Ferguson
Heboh Invasi Pemain Brasil untuk Naturalisasi Timnas Indonesia U-19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya