21 Talenta Muda Tanah Air Lolos Seleksi Garuda Select Jilid 3

Legenda Chelsea, Dennis Wise, dan pelatih Des Walker, saat seleksi Garuda Select
Sumber :
  • Mola TV

VIVA – Proses pencarian bakat sepakbola Indonesia bertajuk Garuda Select jilid ketiga akhirnya mencapai tahap final. Terpilih 21 pemain muda yang nantinya bakal digembleng untuk mengikuti pemusatan latihan di Eropa.

Garuda Select: 2 Pemain Tak Masuk Pemanggilan Asprov PSSI Jatim dan Jateng

Pemusatan latihan ini rencananya akan dilakukan secara intensif hingga Mei 2021. Program ini diharap memunculkan talenta berbakat lainnya yang bisa diproyeksi menjadi penggawa Tim Nasional Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, merasa sangat bersyukur atas terselenggaranya program Garuda Select jilid ketiga. Padahal, situasi sedang sulit lantaran berjalan di tengah pandemi virus corona COVID-19.

Dipantau Dennis Wise, BLiSPI Umumkan 52 Pemain Terpilih Seleknas 2023

“PSSI terus berkomitmen untuk pengembangan sepakbola usia muda di Tanah Air. Selamat kepada 21 pemain yang terpilih berangkat ke Inggris. Yang belum terpilih kami harap tetap bersemangat, jangan menyerah, terus berlatih dan kerja keras,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule dalam rilis Mola TV yang diterima VIVA.

“Kami memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi terbaik terhadap masa depan sepakbola Indonesia, melalui Program Garuda Select yang sudah kami mulai sejak 2018 bersama PSSI,” tutur perwakilan Mola TV, Mirwan Suwarso.

Mengerikan, Garuda Select Bantai Arsenal

Selama masa seleksi, Dennis Wise selaku Direktur Sepak Bola Garuda Select telah melihat kemampuan semua peserta. Menurutnya, banyak yang harus dipertimbangkan untuk menentukan pemain yang akan masuk skuad di musim ketiga ini.

"Tim pemandu bakat Garuda Select telah berkeliling ke berbagai daerah Indonesia untuk mencari bakat-bakat terbaik yang ada pada kompetisi Piala Soeratin dan kompetisi lain. Kami juga sudah melihat pemain-pemain yang dikirimkan oleh klub Elite Pro Academy Liga 1 U16. Indonesia memiliki banyak pemain potensial yang masih bisa dikembangkan. Tinggal bagaimana menuntun mereka ke arah yang tepat,” ujar Wise.

“Kami sudah melakukan seleksi dan akhirnya terpilih 21 pemain terbaik yang akan diberangkatkan ke Eropa. Inilah pemain terbaik hasil seleksi yang sudah kami pilih berdasarkan pengamatan kami selama di Indonesia. Mereka adalah pemain-pemain terbaik yang akan melakukan serangkaian pelatihan intensif dan akan melawan tim-tim usia muda terbaik di Inggris dan Eropa," lanjut dia.

Dalam susunan tim kali ini, ada empat pemain yang sempat terpilih mengikuti Garuda Select Angkatan II yang terpilih lagi yaitu Rafli Asrul, Fernando Pamungkas, Kakang Rudianto, dan Edgar Amping. Diharapkan empat pemain ini bisa mengembangkan diri lebih lagi dari apa yang mereka sudah dapatkan di tahun sebelumnya.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan para pemain yang mengikuti seleksi Garuda Select berasal dari kompetisi yang dilakukan PSSI sebelum pandemi COVID-19. “Selama seleksi, banyak sekali talenta-talenta serta bibit-bibit pemain muda berbakat dari seluruh Indonesia. Proses seleksi, setiap hari ada pengurangan pemain hingga didapatkan 21 nama pemain ini,” ucap Indra.

Berikut nama-nama pemain Garuda Select Jilid III:

1. Wahyu Agung Drajat Mulyono – ex Persebaya U16
2. Hokky Caraka - PSS U16
3. Frezy Al-Hudaifi - Astam
4. I Gusti Made Rendi Sanjaya Putra - Persebaya U16
5. Muhammad Faqih Maulana - Tajimalela
6. Noval Junior Iskandar - FASS Junior
7. Krisna Sulistia Budianto - SSB Djarum Kudus
8. Adre Arido Geovani - Bina Taruna
9. Ridwan Ansori - Persib U16
10. Dustin Pratama Bramantio - Persela U16
11. I Putu Dipa Yogi Arta- Bali United
12. Ridho Syuhada Putra - PSIS U16
13. Daniel Naa - Bhayangkara U16
14. Kakang Rudianto - Garuda Select II
15. Rafli Asrul - Garuda Select II
16. Fernando Pamungkas - Garuda Select II
17. Edgar Amping - Garuda Select II
18. Ibnu Murarak - Kalimantan Timur
19. I Gede Aditya Juli Antara - Persebaya U16
20. Muhammad Faiz Maulana - Bina Taruna
21. Roki - Gabsis Sambas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya