Garuda Select: 2 Pemain Tak Masuk Pemanggilan Asprov PSSI Jatim dan Jateng

Seleksi Garuda Select VI
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bola – Guna mencari pesepakbola berbakat Indonesia untuk digembleng dalam program Garuda Select jilid VI 2023 di Inggris, Tim Pemantau Bakat Garuda Select yang dipimpin Dennis Wise telah melakukan rangkaian seleksi di Tanah Air. 

Terpopuler: 6 Pemain Bidikan Inter Milan, Pengakuan Pelatih Korsel Usai Dihajar Indonesia

Salah satu ajang seleksi yang dipantau langsung oleh Dennis Wise dan tim adalah seleksi kolaborasi Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (Blispi) dengan MolaTV (manajemen Garuda Select) yang digelar di Gresik, Jawa Timur pada 11-12 Juni 2023 lalu. 

Melalui seleksi yang diikuti sebanyak 240 pemain dari seluruh Indonesia ini terpilih 13 pemain muda berbakat. 

Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

Mereka diproyeksikan untuk mengikuti seleksi nasional Garuda Select jilid VI 2023 yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 5-7 Juli mendatang.

Rencananya seleksi nasional Garuda Select jilid VI 2023 akan diikuti para pemain dari seluruh Indonesia yang telah dipantau Dennis Wise dan kawan-kawan di berbagai seleksi yang telah digelar termasuk seleksi yang dihelat Blispi di Gresik. 

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Selanjutnya nama para pemain terpilih diumumkan dan dipanggil melalui surat resmi dari Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI asal pemain. 

Melalui surat tersebut Asprov PSSI meminta para pemain terpilih untuk mempersiapkan berbagai persyaratan administratif yang diperlukan untuk mengikuti seleksi nasional Garuda Select di Jakarta. 

Sebelumnya beredar berita yang menyebut ada 13 pemain yang lolos ke seleksi nasional Garuda Select jilid VI 2023 di Jakarta hasil dari seleksi Blispi di Gresik, Jawa Timur pada Juni lalu. 

Namun dalam perkembangan terbaru ada dua pemain yang tidak masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Asprov PSSI masing-masing. Mereka adalah Rafinal Bagas Mara (Gelora Putra Delta Sidoarjo) dan Rahutama Aryagaluh. 

Belakangan diketahui, nama Rafinal Bagas Mara tidak masuk dalam daftar pemain yang dipanggil oleh Asprov PSSI Jatim untuk mengikuti seleksi nasional Garuda Select jilid VI 2023 di Jakarta. 

Begitu juga dengan Rahutama Aryagaluh yang berasal dari Jawa Tengah. Namanya tidak masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Asprov Jateng untuk mengikuti seleksi nasional Garuda Select 2023. 

Sehubungan dengan pembaharuan data ini, maka terkonfirmasi ada 11 pemain dari hasil seleksi Blispi di Gresik, Jatim yang lolos ke seleksi nasional Garuda Select 2023 di Jakarta. 

Nama ke-11 pemain tersebut ada dalam daftar di surat resmi pemanggilan Asprov PSSI masing-masing. 

Kemungkinan 80% jadi Skuad Garuda Select jilid VI

Sementara itu, Pemantau Bakat Garuda Select M Rifky Herlanda mengatakan seleksi nasional Garuda Select jilid VI 2023 akan digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada 5-7 Juli mendatang. 

Rifky menjelaskan ada 11 pemain hasil seleksi Blispi di Gresik yang dipanggil mengikuti seleksi nasional Garuda Select jilid VI 2023. Ke-11 pemain ini akan bersaing dengan ratusan pemain lainnya dari seluruh Indonesia yang juga lolos ke seleksi nasional Garuda Select 2023. 

"80 persen pemain terpilih dalam seleksi nasional di Jakarta kemungkinan jadi skuad Garuda Select jilid VI," kata Rifky. 

Ia menambahkan melalui berbagai ajang seleksi dan pemantauan bakat di seluruh Indonesia Tim Pemantau Bakat Garuda Select akan memilih 15-20 pemain untuk mengikuti program Garuda Select 2023 di Inggris. 

Berikut 11 nama pemain yang lolos Seleksi Nasional Garuda Select jilid VI 2023 di Jakarta:

1. Rafi Farellian Nathan Agatha (Bouraq FC)
2. Zidan Kurnia Hidayat (Persebaya U-16)
3. Raya Sheva Pradana Sky Swans Kota Batu U-15
4. T Riadi Asifa FA Malang
5. Tommy Soekarno Putra Gelora Putra Delta Sidoarjo
6. Alfin Faiz Kelilauw Blispi Maluku Utara (SSB Maluku Utara Selection)
7. Raffi Agi Pratama (Bina Sentra FA)
8. Novalio Ardanan (Bina Sentra FA)
9. Suiman Haris (SSB Mandala)
10. Andika Fian Eka Syah Putra A (WTWC TC)
11. Elshirazi Havier F (JK United)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya