Terungkap, Ini Masalah Besar yang Bikin 2 Pemain Timnas U-19 Dicoret

Serdy Ephy Fano dicoret dari TC Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • Instagram/serdyephyfano09

VIVA – Dua pemain Timnas Indonesia U-19, Serdy Ephy Fano dan Mochamad Yudha Febrian dicoret dari pemusatan latihan (TC). Keduanya sudah dipulangkan sejak Senin 23 November 2020.

Performa Indonesia di Piala Asia U-23 Pertanda Masa Depan Cerah

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyebut kedua pemain tersebut dicoret karena melakukan tindakan indisipliner berat. 

"Dua pemain yakni Serdy dan Yudha telah melakukan tindakan indisipliner yang berat. Untuk itu, kami langsung memulangkan mereka," kata Tae-yong.

Justin Hubner Tak Dibawa Shin Tae-yong ke Playoff Olimpiade 2024

Photo :
  • vstory

Lalu, tindakan indisipliner berat seperti apa yang menjadi masalah besar sehingga dua pemain tersebut dicoret? 

Pj Gubernur Sumut Masih Optimis Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade

Asisten pelatih Timnas U-19, Nova Arianto mengatakan Serdy dan Mochamad Yudha melakukan tindakan yang tidak dibenarkan dalam pemusatan latihan seperti terlambat datang latihan dan kembali ke hotel pada pukul 03.00 WIB.

"Pada Senin dia tidak mengikuti timbang badan pagi. Kemudian dia telat latihan. Iya (dua-duanya pulang pukul 03.00 pagi) dan ini kejadian yang kedua kali buat Serdy. Makanya tak habis pikir. Semoga bisa jadi pembelajaran mereka dan pemain lainnya," kata Nova saat dikonfirmasi VIVA.

Nova menyayangkan tindakan Serfy dan Mochamad Yudha yang seakan main-main menjalani pemusatan latihan. Padahal, menurutnya banyak pemain yang mengimpikan berada di posisi kedua pemain itu.

"Saya sangat kecewa dengan mereka karena Timnas dibuat main-main padahal banyak pemain ingin bergabung di Timnas, tapi mereka bikin seenaknya," ucapnya.

Bagi Serdy pencoretan ini merupakan yang kedua kali. Sebelumnya, pemain Bhayangkara FC itu dipulangkan sebelum Timnas U-19 berangkat ke Kroasia pada Agustus kemarin.

Cukup disayangkan memang. Padahal, saat dipanggil untuk kesempatan yang kedua, Serdy sempat berjanji ingin menebus kesalahannya. Namun, entah mengapa dia kembali jatuh di lubang yang sama.

Photo :
  • VIVA / Yudhi Maulana

Di sisi lain, TC Timnas U-19 saat ini memasuki pekan kedua. Pada TC ini, pelatih Shin Tae-yong, belum hadir di lapangan. Ia terus menyaksikan latihan anak asuhnya secara virtual.

Meski begitu, latihan skuad Garuda Muda tetap berlangsung dengan intensitas yang tinggi dan sehari tiga kali. TC di Jakarta berlangsung hingga berangkat ke TC lanjutan di luar negeri. 

TC Timnas U-19 ini sebagai persiapan menghadapi ajang Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya