Shin Tae-yong Ungkap 4 Senjata Asnawi Tembus Liga Korea Selatan

Asnawi Mangkualam
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berperan penting dalam proses transfer Asnawi Mangkualam Bahar menuju klub kasta kedua Korea Selatan (K League 2), Ansan Greeners.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Tae-yong menjadi pihak yang merekomendasikan Asnawi ke Greeners. Dia menggambarkan bek sayap PSM Makassar itu sebagai pemain muda yang sangat menjanjikan.

Menurut Tae-yong, Asnawi memiliki berbagai kelebihan. Pertama, kata Tae-yong, Asnawi punya keinginan kuat, dirinya pun selalu ingin terus belajar dan tidak gampang puas.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Photo :
  • twitter.com/asnawi_bhr

"Kedua, Asnawi memiliki mental kuat, staminanya oke dan punya kemampuan untuk mengalahkan lawan," kata Tae-yong, dikutip KBS.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

"Multi Posisi, Asnawi bisa memainkan peran sebagai gelandang bertahan dan full back," sambung pelatih 51 tahun tersebut.

Tae-yong juga menempatkan Asnawi sejajar dengan dua pemain Korea Selatan Choi Hyo-jin (Jeonnam Dragons) dan Choi Chul-soon (Jeonbuk Motors). Asnawi memiliki kesamaan sebagai pemain yang memiliki mental kuat.

"Berani, Asnawi mengejar dan menahan lawan ke manapun. Ia tidak mundur dan terus menunjukkan keberanian seperti Choi Hyo-jin (Jeonnam Dragons) dan Choi Chul-soon (Jeonbuk Motors)," ucapnya.

Lebih lanjut, Tae-yong juga meyakini jika cepat beradaptasi di Ansan Greeners, Asnawi pasti akan menjadi pemain besar. 

"Dia pemain yang tak cuma bisa bermain di K League 2, tetapi juga K League 1. Pemain Indonesia banyak tertinggal soal semangat bersaing dan juga inferior dibandingkan dengan pemain Korea. Tapi dia punya kekuatan mental dan fisik," jelasnya.

Sejauh ini, pihak Greeners memang belum mengumumkan Asnawi secara resmi sebagai rekrutan terbarunya.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc

Namun, Kepala tim Ansan Greeners FC, Joo Chan-yong mengatakan kepada media setempat bahwa Asnawi telah menandatangani kontrak satu tahun dengan opsi perpanjangan kontrak satu tahun.

"Pada tanggal 19 (Januari 2021) diputuskan untuk mengontrak bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar. Jangka waktu kontrak yang ditetapkan yaitu satu tahun ditambah satu tahun sebagai opsi," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya