Tahan 10 Pemain PSS, Persib Jumpa Persija di Final Piala Menpora 2021

Striker Persib Bandung, Ezra Walian
Sumber :
  • Instagram/@persib

VIVA – Duel semifinal leg kedua Piala Menpora 2021 antara PSS Sleman melawan Persib Bandung tersaji di Stadion Manahan, Solo, Senin 19 April 2021. Di laga tersebut, Persib sukses mengimbangi 10 pemain PSS.

Persib Bandung Jaga Kebugaran Jelang Tantang Bali United di Championship Series

PSS yang harus mengejar defisit 1-2 dari Persib tampil sangat hati-hati di awal pertandingan. Sedangkan, Persib yang sudah unggul malah tetap bermain agresif dalam menlancarkan serangan.

Laga baru berjalan tiga menit, Maung Bandung sudah mampu mengancam gawang PSS. Sayangnya, tendangan setengah voli Frets Butuan masih melayang di atas mistar gawang PSS.

STY Muda Pernah Bobol Gawang Persib, Ini Potretnya saat Duel dengan Robby Darwis

Dua menit berselang, giliran Ezra Walian yang mendapatkan peluang. Akan tetapi, tembakan mendatar dari jarak jauh yang dilepaskan Ezra masih menyamping ke kanan gawang PSS.

PSS baru panas saat babak pertama sudah memasuki pertengahan atau tepatnya di menit 24. Namun, tendangan keras Irfan Jaya belum mampu memberikan ancaman bagi kiper Persib I Made Wirawan.

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

Empat kemudian, PSS kembali mendapatkan peluang dari kaki Irfan Jaya. Sayangnya, penetrasi yang dilakukan Irfan Jaya masih gagal untuk membuat gawang Persib bobol.

Menit 37, masalah dihadapi Persib. Salah satu gelandang mereka, Dedi Kusnandar tiba-tiba jatuh terkapar sambil memegangi kepalanya sehingga pelatih Robert Rene Alberts harus menarik keluar dan menggantikannya dengan Farshad Noor.

Setelah itu, pertandingan kembali dilanjutkan dengan tempo yang tidak begitu cepat. Bahkan, kedua tim tampak kesulitan untuk menciptakan peluang.

Baru pada menit ke-44 Persib memiliki peluang lewat bola mati. Akan tetapi, eksekusi menawan dari Wander Luiz masih dapat digagalkan dengan cekatan oleh kiper PSS Ega Rizky.

Di masa injury time, giliran PSS yang mendapat masalah. Kiper mereka Ega Rizky harus ditarik keluar dan digantikan Miswar Saputra karena mengalami cedera.

Tak lama setelah Miswar masuk ke lapangan, Persib dihadiahi tendangan bebas dekat dengan kotak penalti. Namun, eksekusi yang diambil Febri Hariyadi mengarah mulus ke pelukan Miswar yang baru beberapa detik berada di lapangan.

Setelah itu, wasit langsung meniup peluit panjang tanda turun minum. Kedua tim masih bisa belum mencetak gol dan skor kacamata alias 0-0 masih menghiasi duel antara PSS vs Persib di Stadion Manahan.

Selepas jeda, PSS mulai meningkatkan intensitas serangan. Sedangkan, Persib tetap tampil seperti di babak pertama dengan mengandalkan kecepatan dari sisi saya mereka.

Babak kedua belum genap lima menit, PSS sudah mampu mendapatkan dua peluang beruntun dari Irfan Jaya. Pada menit 47, sepakan meyusur tanah Irfan Jaya masih mengarah tepat ke pelukan I Made Wirawan.

Sementara itu, pada menit 49, Irfan Jaya kembali memiliki peluang lewat situasi bola. Sayangnya, tembakan terukurnya masih bisa dibuang ke keluar lapangan oleh I Made Wirawan.

Sepuluh menit berselang, Persib akhirnya mempunyai kesempatan untuk membuka skor. Akan tetapi, upaya Frets Butuan dari dalam kotak penalti PSS masih bisa digagalkan oleh Miswar Saputra.

Petaka menimpa PSS mulai dari menit 65 karena harus bermain dengan 10 orang di sisa waktu. Salah satu bek mereka, Fabiano Beltrame diusir wasit keluar lapangan setelah menerima kartu kuning kedua.

Unggul jumlah pemain, Persib lebih leluasa dalam membangun serangan. Pada menit 71, Febri Hariyadi nyaris membawa Persib unggul, tapi sepakannya masih bisa diblok dengan satu tangan oleh Miswar Saputra.

Alih-alih mencetak gol, Persib justru kebobolan pada menit 73. Adalah Saddam Gaffar yang sukses menjebol gawang I Made Wirawan dengan kaki kirinya usai menerima umpan silang Samsul Arifin.

Sayangnya, PSS gagal mempertahankan keunggulan mereka. Pada menit 84, Ezra Walian berhasil menceploskan bola ke gawang Elang Jawa lewat sundulan setelah memaksimalkan umpan lambung Ardi Idrus.

Dalam sisa waktu yang ada, kedua tim tetap saling jual-beli serangan. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan tak ada lagi gol yang tercipta. Persib sukses mengimbangi 10 pemain PSS dengan skor 1-1.

Hasil ini membawa Persib lolos ke final Piala Menpora 2021 setelah unggul agregat 3-2 atas PSS. Di final, Persib akan menghadapi Persija dalam duel dua leg pada 22 April 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman dan 25 April 2021 di Stadion Manahan, Solo.

Susunan pemain

PSS Sleman: Ega Rizky (Miswar Saputra 49') (PG); Bagus Nirwanto, Fabiano Beltrame, Mario Maslac, Derry Rachman (Samsul Arifin 54'), Kim Kurniawan, Aaron Evans, Nico Velez, Arthur Irawan (Irkham Zahrul Mila 54'), Irfan Jaya, Saddam Gaffar (Wahyu Sukarta 83').

Persib Bandung: I Made Wirawan (PG); Supardi, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus, Dedi Kusnandar (Farshad Noor 38'), Beckham Putra (Abdul Aziz 78'), Febri Hariyadi, Frets Butuan, Ezra Walian, Wander Luiz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya