On This Day: Ajax Amsterdam Beri Pelajaran Berharga untuk Persija

Persija Jakarta VS Ajax Amsterdam di SUGBK
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA –  Persija Jakarta mendapat kesempatan menjajal raksasa Belanda, Ajax Amsterdam dalam laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta,  Minggu 11 Mei 2014. Macan Kemayoran takluk 0-3.

Barito Putera Vs Persija, Thomas Doll: Pertandingan Buruk

Ajax Amsterdam langsung mendominasi permainan sejak peluit kick-off dibunyikan wasit. Bahkan De Amsterdammers langsung memimpin 1-0 pada menit ke-13 setelah bek Persija, Syahrizal salah mengantisipasi bola, dan dimanfaatkan dengan sempurna oleh Lucas Andersen.

Macan Kemayoran tampak kesulitan mengembangkan permainan, sebab para pemain Ajax kerap melakukan pressing. Malah gol kedua lahir di gawang Persija pada menit ke-16 melalui Mike van der Hoorn, yang menyambut sepak pojok Stefano Denswol.

Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Tendangan keras kaki kiri Lerin Duarte pada menit ke-71 membuat Ajax memimpin 3-0 atas anak-anak asuhan Benny Dolo. Gol bermula dari aksi individu Duarte yang kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak dan tak bisa dibendung oleh Andritany Ardhiyasa.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Ajax sebenarnya bisa mencetak gol lebih banyak. Tercatat beberapa peluang mampu diciptakan pasukan Frank de Boer. Namun, De Amsterdammers membuat kesempatan yang ada.

"Seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol. Kadang pemain ingin menciptakan gol indah, namun justru gagal. Tapi saya pikir tiga gol sudah cukup. Kami juga terkendala soal teknis di lapangan," ujar De Boer dalam konferensi pers seusai pertandingan.

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Pelatih Ajax itu kemudian menilai timnya sudah bermain baik, namun kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh cuaca yang sangat mempengaruhi pemain. Meski demikian, cuaca bukan satu-satunya menjadi masalah.

"Hal yang sangat mempengaruhi pemain kami adalah jetlag. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter tim, empat hari pertama, akan menjadi hari yang sulit. Tapi di Bandung kami siap memberikan yang terbaik," tutur mantan pemain Barcelona tersebut.

Gelandang Ajax, Christian Poulsen, mengaku senang timnya bisa menang dalam laga ini. Pemain asal Denmark itu merasa timnya sudah bermain baik dalam laga ini.

"Kami senang bisa bermain baik hari ini. Merupakan suatu kebanggaan bisa melawan tim yang luar biasa dari Jakarta," kata Poulsen.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya