Kabar Baik untuk Jakmania, Persija Tetap Prioritas Gunakan Stadion JIS

Jakmania Persija
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – PT Jakarta Propertindo (Jakpro) melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PSSI terkait penggunaan Jakarta International Stadium untuk kegiatan Timnas Indonesia.

Cek Fakta: Timnas Indonesia U-23 Dibela Ronaldo dan Messi Akibat Dicurangi Wasit di Piala Asia

Pendatanganan kerja sama berlangsung di JIS pada Selasa 17 Agustus 2021. Hadir pula Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman. 

Sementara PSSI diwakili oleh Sekjen, Yunus Nusi serta Wasekjen, Maaike Ira Puspita serta Direktur Teknik, Indra Sjafri. 

Rizky Ridho Absen, 3 Pemain Ini OTW Paris Perkuat Timnas Indonesia U-23

Kerja sama ini ternyata menimbulkan tanda tanya bagi pendukung Persija Jakarta, Jakmania. Mereka mempertanyakan keputusan ini karena pada awalnya JIS diproyeksikan sebagai kandang Persija.

Ada 3 Negara Guinea di Benua Afrika, Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea yang Mana?

Menanggapi hal itu, Muhammad Maulana selaku Project Ditector Sportainment Jakpro mengatakan, pemanfaatan JIS diperuntukan bagi pembinaan olahraga warga Jakarta. 

Maka dari itu Jakpro melalui pemanfaatan JIS menegaskan akan konsisten membuka diri untuk bekerja sama dengan berbagai pihak guna mendukung kemajuan prestasi olahraga di Jakarta.

Terkait kerja sama dengan PSSI, Muhammad Maulana mengatakan ada empat hal yang mereka sepakati.

Pertama pelaksanaan event dan pertandingan nasional serta international yang dilaksanakan oleh Jakpro, kedua Pengembangan ekonomi berkelanjutan atas stadion dan kawasan.

"Ketiga Pengembangan penggunaan lapangan latih, lapangan utama dan Kawasan serta keempat Pengembangan olahraga sepakbola nasional dengan standard Internasional," kata Maulana, kepada VIVA, Rabu 18 Agustus 2021.

Maulana menerangkan sedari awal pembangunan JIS telah mengusung semboyan #StadionKita merupakan cerminan dari semangat persatuan dan sportivitas di bidang olahraga khususnya di Jakarta. 

Bahkan, Maulana menegaskan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memberikan instruksi agar pemanfaatan JIS diprioritaskan untuk klub-klub sepakbola asal Jakarta.

Terkait Persija, Maulana menjelaskan, Tim berjuluk Macan Kemayoran itu akan mendapatkan prioritas lebih dulu untuk penggunaan JIS.

“Sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta, JIS diprioritaskan bagi klub-klub asal Jakarta. Misalnya jika terjadi benturan jadwal antara Persija dan Tim Bola lain dalam penggunaan JIS, maka Persija akan mendapatkan prioritas lebih dulu,” tegasnya.

Lebih lanjut, Maulana menjelaskan, Jakpro sebagai pengelola JIS tidak menutup peluang kerjasama dengan pihak strategis lain, guna mendorong kemajuan prestasi olahraga di Jakarta. 

“Jakpro akan selalu terbuka dengan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak, sehingga tidak menutup peluang kerjasama dengan pihak strategis lain,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya