Taiwan Lagi Jeblok Banget, Timnas Indonesia Harusnya Bisa Menang

Skuad Timnas Indonesia.
Sumber :
  • Instagram/@pssi

VIVA – Timnas Indonesia sudah ditunggu oleh Taiwan di playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Duel yang digelar dalam 2 leg ini dihelat pada Kamis 7 Oktober 2021 di tempat netral yaitu Buriram, Thailand.

Shin Tae-yong Berpeluang Tambah Pemain untuk Laga Timnas Indonesia Vs Irak dan Filipina

Indonesia sendiri datang dengan modal yang tak terlalu baik. Skuad asuhan Shin Tae-yong hingga kini belum mampu menunjukkan performa meyakinkan di bawah pelatih asal Korea Selatan tersebut. 

Buktinya mereka babak belur di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu. Setelah mengimbangi Thailand 2-2, mereka mengalami penurunan performa dan hancur lebih di dua laga selanjutnya. Indonesia dilumat Vietnam 0-4 dan dibantai Uni Emirat Arab 0-5. 

PSSI dan KNVB Jalin Kerja Sama, Ini yang Bakal Direncanakan

Meski begitu, Indonesia setidaknya punya modal penting jelang bentrok dengan Taiwan. Dari segi head to head misalnya, Tim Merah Putih unggul jauh dari total 12 pertemuan mereka menang 8 kali sementara Taiwan 4 kali. 

Timnas Indonesia latihan jelang menghadapi Taiwan

Photo :
  • PSSI
Pengakuan Jujur PSSI soal Banyak Pemain Langganan Timnas Indonesia Tak Dipanggil Shin Tae-yong

Selain itu tim lawan juga dalam performa minor. Di tahun 2021 ini, mereka melakoni 3 laga di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dan semua berakhir dengan kekalahan. 

Mundur ke tahun 2019, di tahun itu mereka mendapat 9 pertandingan resmi. Hasilnya Taiwan hanya 1 kali menang sisanya 7 kalah dan 2 imbang. 

Kondisi tersebut makin diperparah dengan berkurangnya komposisi pemain. Melawan Indonesia, Taiwan dipastikan tak didampingi oleh pelatih kepala, Henry Von dan 4 pemainnya, Chen Haowei, Bai Shaoyu, Duan Zhu, dan Yu Jiahuang.

Media Taipetimes mengabarkan mereka terlibat kasus indisipliner dengan melanggar protokol kesehatan dan berpesta alkohol.  Asosiasi sepakbola Taiwan (CTFA) mencoret pelatih dan 4 pemain tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya