Shin Tae-Yong Dikasih Gratis, Cuma Orang Tertentu yang Punya Mobil Mewah Ini

Mobil Listrik Genesis G80 untuk Acara KTT G20 Bali
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-Yong sudah beberapa kali diberikan mobil mewah oleh PT Hyundai Motor Indonesia (HMID). Mulai Hyundai Satria, Palisade, dan terbaru mobil listrik mewah Genesis G80.

Terpopuler: Maarten Paes Komentari Sukses Timnas Indonesia, Pramudya Kusumawardana Bela Negara Lain

“Penyerahan ini (Genesis) merupakan bentuk apresiasi Hyundai kepada Shin Tae-Yong,” ujar Presiden Direktur PT HMID, Woojune Cha.

Seperti diketahui, Palisade menjadi salah satu mobil mewah yang menjadi andalan para konglomerat selain Toyota Land Cruiser, begitupun dengan Genesis G80 yang tidak dijual umum oleh produsen Hyundai tersebut.

Calvin Verdonk: Harusnya Timnas Indonesia Bantai Filipina 5-0

Tidak semua orang bisa memiliki Genesis G80 bekas Konfrensi Tingkat Tinggi, atau KTT G20 Bali pada 2022, jumlahnya yang terbatas, dan hanya orang-orang tertentu yang bisa memilikinya.

Salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir, berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, atau LHKPN, Ketua PSSI itu juga memiliki Genesis G80 buatan 2022 yang nilainya Rp1,673 miliar.

4 Rekor Terbaru Timnas Indonesia Sejak Dipimpin Shin Tae-yong

Selain menjadi pejabat negara, Erick Thohir merupakan salah satu konglomerat RI yang memiliki gurita bisnis di beberapa sektor, diantaranya bergerak di olahraga, media, kuliner, dan event organizer.

Genesis G80 tersedia dalam versi standar, dan Long Wheel Base (LWB) seperti yang dipesan khusus untuk acara kenergaraan tersebut. Menjadi pembeda, ruang kabinnya lebih luas dengan jarak poros roda lebih panjang.

Kemudian ditandai dengan logo G20 pada pilar tengahnya, sebagai pembeda. Mobil listrik pertama buatan brand mewah Hyundai tersebut memiliki dimensi layiknya limousine dengan panjang mencapai 5 meter.

Mengusung desain moderen, terlihat seperti mobil di masa depan. Mengandalkan penerangan utama LED, dan mempertahankan grill besar ciri khas Genesis dengan bahasa desain G-Matrix.

Pada sektor jantung pacunya dipersenjatai baterai Lithium-ion polymer 87,2 kilo watt per hour, dengan dua motor listrik pada bagian roda depan, dan belakang yang masing-masing dapat menghasilkan tenaga 136 kW.

Secara keseluruhan jika dikonversi menjadi daya kuda, maka sedan pelahap seterum tersebut dapat memuntahkan tenaga hingga 364,7 dk, dan torsi puncak 700 Nm. Tenaga buasnya itu disalurkan melalui transmisi matik ke semua roda.

Mengingat kapasitas baterainya cukup besar, tidak heran jika sedan mewah tersebut dapat berjalan hingga 427 kilometer. Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya baterai, dari kondisi 10 persen sampai 80 persen hanya 22 menit dengan fast charging, atau alat pengisian khusus yang memiliki aliran listrik 800 volt.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo, populasi mobil listrik itu terbatas, pada 2022 Hyundai mendistribusikan 134 unit, pada 2023 16 unit, dan tahun ini 2 unit, total hanya 152 unit Genesis G80 di RI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya