5 Fakta Mengejutkan Usai Timnas Indonesia Bungkam Taiwan

Ramai Rumakiek mencetak gol untuk Timnas Indonesia
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia mendapat modal positif usai mengalahkan Taiwan di leg pertama play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Tim Merah Putih menang dengan skor tipis 2-1. 

4 Pemain Naturalisasi Belum Pernah Bela Timnas Indonesia, Ada Eks Persija Jakarta

Duel yang digelar di Chang Arena Buriram, Thailand pada Kamis malam WIB 7 Oktober 2021 berjalan seru. Indonesia memulai laga dengan hati-hati, sebab tim lawan mampu menghadirkan ancaman melalui sisi sayap. 

Tapi perlahan Evan Dimas cs bisa bangkit dan menemukan ritme permainan. Menit ke-19, Indonesia mampu unggul lewat aksi Ramai Rumakiek usai mendapat umpan dan Miftah Sani. 

Shin Tae-yong Berpeluang Tambah Pemain untuk Laga Timnas Indonesia Vs Irak dan Filipina

Dia melepaskan sepakan kaki kirinya usai melewati dua pemain lawan. Kiper yang menghalau tak mampu mengantisipasi sepakan mendatar pemain Persipura tersebut. Indonesia mampu memperlebar jarak di lima menit babak kedua berjalan. Kini sang gelandang, Evan Dimas yang menjadi aktor utamanya. 

Winger Timnas Indonesia berduel dengan pemain Taiwan

Photo :
  • The AFC
PSSI dan KNVB Jalin Kerja Sama, Ini yang Bakal Direncanakan

Diawali Kushedya Hari Yudo melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Di sana ada Evan Dimas yang datang dari belakang, dan berhasil meneruskannyan menjadi gol.

Indonesia akhirnya harus rela kebobolan di menit akhir laga. Pemain Taiwan  Hsu Heng-Pin berdiri bebas di dalam kotak penalti Indonesia dan melepaskan tendangan keras yang sulit dihalau kiper Indonesia, Muhammad Riyandi. Duel berakhir dengan skor 2-1 untuk skuad Shin tae Yong.

Dan berikut 5 fakta menarik usai Indonesia bungkam Taiwan dilansir berbagai sumber:

1. Ini merupakan kemenangan perdana Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Sebelumnya pelatih asal Korea Selatan tersebut sudah memimpin 3 laga dan hasilnya 1 imbang dan 2 kalah. 

Yaitu kalah 1-3 dari Oman, dikalahkan Vietnam 0-4 dan imbang 2-2 lawan Thailand. Ada satu lagi kalah 0-5 dari UEA tapi kala itu Shin tak mendampingin Indonesia. 

2. Indonesia memperpanjang catatan positif melawan Taiwan. Dari segi head to head mereka total bertemu 13 kali dengan rincian 9 kemenangan sementara Taiwan 4 kemenangan. 

3. Pemain Persipura Jayapura, Ramai Rumakik sukses menunjukkan kualitas terbaiknya. Melawan Taiwan merupakan kali pertama dia tampil bersama Timnas dan langsung bisa mencetak gol. 

4. Indonesia memutus rekor buruk yang tak pernah meraih kemenangan sejak September 2019. 

5. Gol Evan Dimas ke gawang Taiwan jadi gol keenamnya bersama timnas Indonesia senior. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya