Catatan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Kalahkan Taiwan

Timnas Indonesia lawan Taiwan di leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Timnas Indonesia berhasil memenangkan leg kedua pertandingan play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan. Bermain di Chang Arena Buriram, Thailand, Senin malam WIB 11 Oktober 2021, Skuad Garuda unggul dengan skor 3-0.

4 Pemain Naturalisasi Belum Pernah Bela Timnas Indonesia, Ada Eks Persija Jakarta

Dengan hasil ini, Indonesia lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan keunggulan agregat 5-1 atas Timnas Taiwan. Pelatih Shin Tae-yong mengaku senang, karena di dalam lapangan, anak asuhnya menunjukkan komitmen untuk bekerja keras.

"Saya sangat senang dengan hasil pertandingan ini, karena pemain sudah bekerja keras," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

Shin Tae-yong Berpeluang Tambah Pemain untuk Laga Timnas Indonesia Vs Irak dan Filipina

Shin Tae-yong percaya, ke depan sepakbola Indonesia bisa lebih baik lagi. Perkembangan itu tentunya akan dibarengi dengan kemauan pemain untuk selalu meningkatkan performa dalam pertandingan.

Timnas Indonesia lawan Taiwan di leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023

Photo :
  • pssi.org
PSSI dan KNVB Jalin Kerja Sama, Ini yang Bakal Direncanakan

"Untuk ke depan, pasti kemauan semakin tinggi untuk para pemain dan sepakbola Indonesia terus berkembang," imbuh juru taktik asal Korea Selatan itu.

Meski senang, tapi Shin Tae-yong punya catatan atas penampilan anak asuhnya menghadapi Taiwan. Menurut dia, tiga gol memang bisa dicetak, tapi kualitas untuk bisa mencetak gol masih harus ditingkatkan.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu juga ingin lini pertahanan Skuad Garuda bisa lebih stabil lagi. Karena ini penting untuk membuat lawan sulit menciptakan peluang.

"Walau kita sudah cetak tiga gol, untuk momen mencetak gol itu kualitasnya harus ditingkatkan lagi. Pertahanan kami juga harus lebih stabil lagi," tuturnya

Gol pertama Indonesia ke gawang Taiwan tercipta pada menit 27. Sebuah tendangan dari sisi sayap kanan dilepaskan oleh Egy Maulana Vikri. Bola sempat terpantul, dan itu membuat kiper Taiwan, Shih Shin-An terkecoh.

Pada babak kedua, tepatnya menit 55, Skuad Garuda menambah keunggulannya atas Taiwan. Kali ini giliran tendangan kaki kiri Ricky Kambuaya yang membuat bola meluncur deras ke gawang lawan.

Witan Sulaeman yang masuk sebagai pemain pengganti menyempurnakan kemenangan Indonesia. Pada menit 90+3, dia melepaskan tendangan terukur yang memaksa Shih Shin-An memungut bola untuk dari dalam gawangnya untuk ketiga kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya