Shin Tae-yong Kini Dibantu Bima Sakti di Timnas Indonesia U-18

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-18, Bima Sakti Tukiman.
Sumber :
  • VIVA/Zulfikar Husein

VIVA – Timnas Indonesia U-18 resmi bertolak ke Turki untuk menjalani pemusatan latihan menjelang Piala Dunia U-20 2023, pada Senin 15 November 2021. Skuad Garuda Muda rencananya berada di Turki hingga 1 Desember 2021, dan akan menjalani serangkaian uji coba.

Janji Manis Shin Tae-yong Loloskan Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade 2024

Selama di Turki, Timnas Indonesia U-18 akan menjalani pemusatan latihan atau traning center (TC) bersama timnas senior sudah berangkat terlebih dahulu. Mereka juga akan tetap dikomandoi pelatih Shin Tae-yong.

Namun, di Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong akan didampingi oleh asisten baru, yaitu Bima Sakti Tukiman. Pelatih Timnas Indonesia U-16 itu ditunjuk untuk menemani Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-18, karena Timnas Indonesia U-16 belum ada agenda hingga Januari 2022.

Perbandingan Statistik Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23

Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bima pun menceritakan awal mula dirinya ditugaskan menjadi asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-18. Dia diminta oleh direktur teknik PSSI, Indra Sjafri, karena Shin Tae-yong harus fokus bersama timnas senior jelang Piala AFF 2020.

Uzbekistan Mengerikan, Shin Tae-yong: Saya Tak Pernah Kalah Lawan Mereka

"Sebulan yang lalu saya dihubungi oleh coach Indra Sjafri, dan asisten-asisten coach Shin Tae-yong, untuk membantu coach Shin karena beliau ingin fokus di turnamen AFF bulan depan," kata Bima Sakti kepada wartawan di Jakarta, Senin 15 November 2021.

"Saya juga bersyukur, karena saya bisa belajar dan saya langsung mendapat ilmu dari beliau dan mungkin ada beberapa poin latihan yang bisa kita terapkan di U-16 nanti," ujarnya.

"Memang ada pertimbangan dari coach Indra dan pak Ketum karena Timnas U-16 belum ada kegiatan jadi saya diminta untuk bergabung. Dan, kemungkinan bulan Januari 2022 baru Timnas U-16 ada kegiatan," ucapnya

Pemilihan Pemain Timnas Indonesia U-18 Tetap Keputusan Shin Tae-yong

Sementara itu, Bima Sakti menjelaskan, bahwa 36 pemain yang berangkat ke Turki merupakan pilihan Shin Tae-yong, hasil dari seleksi 4 tahap. Selain itu, seluruh materi latihan juga sepenuhnya ditentukan oleh Tae-yong.

"Ya, seleksi kan mulai tanggal 29 Agustus sampai 4 September, saya belum bergabung, kemudian tanggal 5-11 September, kemudian 12-17 September, dan tanggal 7-9 November kemarin saya baru bergabung," jelas Bima Sakti.

"Berkolaborasi ya, jadi semuanya memang coach Shin yang memilih, dan ada masukan-masukan yang memang harus kita terapkan di Timnas U-18 karena satu line sama yang senior, tidak ada terlalu banyak perubahan. Semua materi latihan, kemudian hal-hal yang lain semua dari coach Shin," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya