Dampingi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-18, Ini Tugas Bima Sakti

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Bima Sakti Tukiman dipastikan membantu pelatih Shin Tae-yong untuk mendampingi pemusatan latihan atau training center (TC) Timnas Indonesia U-18 di Turki. Timnas U-18 Indonesia berangkat ke Turki pada Senin, 15 November 2021, dengan diikuti oleh 36 pemain.

Janji Manis Shin Tae-yong Loloskan Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade 2024

Dalam TC Timnas Indonesia U-18 di Turki ini berbarengan dengan timnas senior yang telah berangkat lebih dulu pada Kamis, 11 November 2021. Timnas Indonesia berangkat terlebih dahulu dan langsung dipimpin oleh Shin Tae-yong sebagai persiapan menghadapi Piala AFF 2020.

Bima Sakti Tukiman

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Perbandingan Statistik Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23

Sedangkan TC untuk Timnas Indonesia U-18 ini sebagai persiapan timnas menuju Piala Dunia U-20 2023. Dalam persiapan ini, pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti diminta untuk membantu Shin Tae-yong.

Sebab, timnas senior dan timnas U-18 tepat berada dibawa asuhan Shin Tae-yong. Makanya, Bima Sakti diminta membantu Shin Tae-yong agar bisa fokus pada timnas senior yang akan beraga di Piala AFF 2020.

Uzbekistan Mengerikan, Shin Tae-yong: Saya Tak Pernah Kalah Lawan Mereka

Tugas Bima Sakti di Timnas Indonesia U-18

Terkait untuk tugas di Timnas Indonesia U-18, Bima Sakti akan mengisi posisi asisten pelatih. Bima Sakti juga menjelaskan, bahwa untuk program latihan nantinya tetap dari Shin Tae-yong.

Namun, yang mendampingi sepenuhnya adalah Bima Sakti dengan beberapa staf pelatih. Meskipun, semua program akan diputuskan oleh Tae-yong.

“Karena ada beberapa kegiatan yang berbenturan, jadi coach Shin tidak bisa harus dua-duanya hadir. Jadi, mungkin coach Shin fokus di senior, yang U-18 saya tangani,” tuturnya. 

“Tetapi semua program masukan dari beliau, contohnya jadwal uji coba, ada yang berdekatan beliau lebih memilih ke senior," ucap sosok berusia 45 tahun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya