Meski Menang 4-2, Timnas Indonesia Dikritik Keras Shin Tae-yong

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tidak puas dengan penampilan anak-anak asuhnya meski berhasil mengalahkan Kamboja 4-2 pada laga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Kamis malam 9 Desember 2021.

Menurut Shin Tae-yong dalam jumpa pers virtual usai laga, performa Evan Dimas dan kawan-kawan tidak sesuai harapan. Shin Tae-yong melanjutkan, permainan skuadnya masih jauh dari yang dia inginkan.

"Memang kami bisa membuat empat gol tetapi permainan kami tidak sampai 50 persen dari apa yang saya mau. Saya akan berbicara dengan pemain agar mereka memahami instruksi saya," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Menurut Shin, para pemain skuad Garuda terlena dengan keunggulan tiga gol atas lawan. Indonesia sempat memimpin 3-0 dan 4-1 sebelum diperkecil oleh Kamboja menjadi 4-2. Inilah yang menjadi sorotan Shin Tae-yong.

Kamboja pun sempat membuat Indonesia kesulitan terutama pada babak kedua. Mentalitas seperti itu, kata pelatih timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 tersebut, tidak boleh lagi terulang dalam pertandingan-pertandingan selanjutnya.

"Pemain seperti menganggap lawan mudah. Ini kesalahan pemain dan saya akan menegur mereka. Ini harus diperbaiki," kata Shin.

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol.

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol.

Photo :
  • Instagram/@pssi