Usai Piala AFF, Timnas Indonesia Banjir Tawaran Uji Coba FIFA Matchday

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Flona Hakim/app/hp.

VIVA – Timnas Indonesia sudah kembali ke Tanah Air usai berjuang di PIala AFF 2020. Skuad Garuda tiba di Jakarta, 1 Januari 2022 dan langsung menjalani karantina selama 10 hari

Cek Fakta: Timnas Indonesia U-23 Dibela Ronaldo dan Messi Akibat Dicurangi Wasit di Piala Asia

Timnas Indonesia menjadi runner up di PIala AFF usai dikalahkan Thailand dengan agregat 2-6 di partai final. Meski gagal juara, performa Timnas Indonesia mendapatkan pujian dari sejumlah kalangan, dalam dan luar negeri.

Timnas Indonesia yang mayoritas diisi pemain-pemain muda dan debutan mampu merobohkan prediksi agak meremehkan. Asnawi Mangkualam cs tampil impresif dan mampu melaju hingga ke babak final.

Rizky Ridho Absen, 3 Pemain Ini OTW Paris Perkuat Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia finis di atas Vietnam da Malaysia di fase grup. Kemudian menyingkirkan Singapura yang merupakan tua rumah.

Timnas Indonesia runner up Piala AFF 2020.

Photo :
  • ANTARA FOTO/FLONA TOBING
Ada 3 Negara Guinea di Benua Afrika, Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea yang Mana?

Usai PIala AFF, agenda terdekat Timnas Indonesia adalah FIFA Matchday yang berlangsung pada Januari 2022. Memaksimalkan jadwal  FIFA Matchday tentu saja bisa menjadi sebuah keuntungan bagi Timnas Indonesia apabila meraih kemenangan.

Pasalnya, pertandingan FIFA Matchday akan meningkatkan poin Indonesia di rangking FIFA. Adan FIFA Matchday pada Januari 2022 akan dimulai pada 24 Januari sampai 1 Februari 2022.

PSSI pun sudah bergerak untuk mengatur jadwal dan calon lawan pasukan Shin Tae-yong. Sekretaris jendral (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi mengatakan sejauh ini sudah ada tiga tim yang menawarkan diri untuk jadi lawan uji coba. 

"Ketiga negara itu adalah Tajikistan, Brunei Darussalam, dan Bangladesh. Mereka sudah menawarkan diri untuk uji coba kepada PSSI," ucap Yunus Nusi.

"PSSI akan memanfaatkan FIFA Matchday yang tersedia pada tahun ini," ujarnya, menambahkan.

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi

Photo :
  • Viva/Lucky Aditya

Digelar di Bali

Terkait lokasi pertandingan, Yunus Nusi menyebut kemungkinan besar akan digear di Bali. "Rencana FIFA Matchday bisa di Bali," ucap Yunus.

Setidaknya, Timnas Indonesia bisa memainkan dua laga uji coba internasional dalam satu pekan.

Saat ini Indonesia masih duduk di peringkat ke-164 rangking FIFA. Peringkat Indonesia naik dua tingkat setelah Piala AFF 2020 berakhir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya