Kabar Baik, Jordi Amat dan Sandy Walsh segera ke Indonesia

Pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat
Sumber :
  • Jordi Amat / instagram

VIVA – Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani menjelaskan kabar terbaru terkait proses naturalisasi empat pemain keturunan di Eropa.

Terpopuler: Komentar Pelatih Oxford United, Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Olimpiade

Empat pemain berdarah Indonesia di Eropa yang direkomendasikan pelatih Shin Tae-yong ke PSSI adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Kevin Diks.

Hasani mengatakan, kalau Sandy Walsh dan Jordi Amat kini berkasnya sudah lengkap 100 persen. Segala kekurangan yang sebelumnya sempat diminta oleh pihak PSSI sudah selesai. 

Jadwal Timnas Indonesia, Tanding Tiga Kali Dalam 10 Hari

Pemain KV Mechelen, Sandy Walsh

Photo :
  • twitter.com/SandyWalsh_

Berkas keduanya segera dikirim kepada pemerintah. Nantinya, andai sudah selesai semua, Sandy dan Jordi langsung  terbang ke Indonesia.

Israel Terancam Ditendang FIFA, Timnas Indonesia Bisa Lolos Olimpiade 2024?

“Ya prosedurnya akan kami ikuti, kalau harus ke Indonesia kasih tahu agar kami kabarin mereka ke Indonesia,” kata Hasani saat dihubungi awak media.

Hasani mengungkapkan, PSSI terus bekerja untuk merampungkan segala prosesnya. Ditargetkan, keempat pemain tersebut bisa turun bela timnas di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang

“Target kami ke kualifikasi (Piala Asia), kalau bisa sebelum itu sudah selesai. Cuma kan sebelum ke pemerintah, jangan ditolak lagi. Ini kan menyangkut banyak pihak,” ucapnya.

Timnas Lebih Kuat

Program naturalisasi yang direkomendasikan Shin Tae-yong sejatinya sudah dimulai sejak Oktober 2021 kemarin.

Eks pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu sebelumnya mengatakan, permintaan terhadap empat pemain itu sudah melalui pertimbangan matang. Satu di antaranya keyakinan bahwa Timnas Indonesia bakal tambah kuat.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • pssi.org

"Kalau ada empat pemain itu di Timnas Indonesia, pasti Timnas akan lebih kuat di Asia Tenggara," kata Shin. 

Shin Tae-yong juga mengatakan, ada lebih dari empat pemain yang coba dimintanya untuk dinaturalisasi. Tapi siapa saja mereka, lagi-lagi pelatih asal Korea Selatan ini tidak mau terbuka. 

"Sebenarnya ada pemain lagi selain empat pemain itu. Namun kami fokus dulu kepada empat pemain yang saya inginkan itu," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya