PSSI: Shayne Pattynama Sudah Kirim Dokumen untuk Dinaturalisasi

Shayne Pattynama
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, menegaskan bahwa pemain keturunan Indonesia berkebangsaan Belanda, Shayne Pattynama, telah mengirimkan seluruh dokumen yang diperlukan untuk kebutuhan naturalisasi menjadi WNI.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

"Tadi malam saya dapat surat pernyataan dari dia dan dokumen pendukungnya sudah dia kirim," kata Hasani ketika dihubungi wartawan, Selasa 22 Februari 2022.

Lebih lanjut, Hasani mengatakan dia langsung bergerak cepat untuk mengurus seluruh keperluan yang dibutuhkan ketika sang pemain sudah mengirimkan dokumen berupa paspor dan akte orang tuanya yang berasal dari Indonesia.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Seluruh persyaratan administrasi milik pemain Viking Stavanger itu sudah diserahkan ke tim legal PSSI untuk diproses secepatnya.

"Sudah diproses ke PSSI agar semua langsung dirampungkan," tambah dia.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Pergerakan cepat ini patut dilakukan Hasani. Pasalnya, Shayne merupakan salah satu pemain yang direkomendasikan langsung oleh pelatih Shin Tae-yong untuk diproyeksi menjadi pemain Timnas Indonesia.

Shayne Pattynama diketahui memiliki garis keturunan Indonesia dari ayahnya yang merupakan orang Semarang.

Dengan ini, Shayne menjadi pemain ketiga yang bakal dinaturalisasi untuk keperluan Timnas Indonesia. Sebelumnya, sudah ada Jordi Amat dan Sandy Walsh yang namanya sudah disepakati bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali untuk dinaturalisasi.

Shayne Pattynama merupakan pemain kelahiran 11 Agustus 1998. Melansir Transfermarkt, karier Shayne Pattynama di level junior diawali di SV Lelystad '67 pada periode 2004-2007.

Kemudian dia pindah ke Akademi Ajax Amsterdam pada 2007-2010 dan pindah ke Utrecht pada 2010-2017.

Di level profesional, kariernya berawal di Jong Utrecht, peserta Eerste Divisie yang juga klub usia muda FC Utrecht. Di sana ia bertahan selama dua tahun.

Pada tahun 2019 ia pindah ke SC Telstar, klub Eerste Divisie lainnya. Kemudian, Shayne bergabung dengan Viking FK pada April tahun 2021 lalu.

Sejauh musim ini, Shayne tercatat bermain 24 kali di Liga Norwegia 2021, walaupun cuma tujuh kali jadi starter, dengan membuat dua gol dan lima assist.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya