Mahal, Alasan Liga 1 Belum Mau Pakai VAR

Penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) dalam pertandingan sepakbola
Sumber :

VIVA - Pertandingan pekan ke-30 Liga 1 2021/2022 telah resmi menggunakan dua asisten wasit tambahan (AWT) yang bertugas di belakang gawang. Diharapkan, kehadiran AWT ini bisa meminimalisir kontroversi. 

Instruktur Wasit PSSI: Keputusan Shen Yinhao Sudah Tepat

Namun, banyak pihak yang menilai keberadaan AWT di belakang gawang tidak terlalu berpengaruh. Sebagian besar pihak justru operator kompetisi atau federasi segera menerapkan VAR seperti layaknya kompetisi di Eropa. 

Sayangnya, penerapan VAR di Liga 1 masih belum bisa terlaksana dalam waktu dekat ini. Pasalnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa biaya untuk menerapkan VAR sangat mahal. 

Ungkapan Kecewa Muhammad Ferarri Golnya Dianulir Wasit

Selain masalah biaya dan infrastruktur, penerapan VAR juga mengharuskan para petugasnya untuk mendapat pelatihan. Makanya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sangat berhati-hati dalam membuat kebijakan soal ini. 

"Untuk musim depan (asisten wasit tambahan), opsinya dipakai lagi. Sebelum kita punya VAR mungkin ini akan terus ikita lakukan," kata Iriawan. 

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

"Apalagi VAR juga tidak mudah, harganya Rp87 miliar, satu kali laga hampir Rp200 juta sampai Rp250 juta, wasitnya juga harus sekolah dulu, intinya kami ingin terus memperbaiki kualitas pengadil di lapangan, sehingga menghasilkan laga yang enak ditonton," sambungnya. 

VAR Mobile Liga Indonesia Baru

Sesuai Rencana, VAR Diterapkan di Championship Series Liga 1 2023/24

Sesuai rencana, VAR akan digunakan pada babak championship series Liga 1 yang dimulai pada 14 Mei mendatang.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024