FIFA Ungkap Kabar Baik soal VAR di Liga 1 dan Wasit Indonesia

penerapan VAR dicoba di Final EPA U-20
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memberi kabar baik soal video assistant referee (VAR) di Liga 1 dan wasit Indonesia.

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Instruktur VAR FIFA Subkhiddin bin Mohammad Salleh ikut meninjau proses uji coba VAR di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin 26 Maret 2024.

Hasil tinjuauannya, Subkhiddin menyebut dirinya tinggal membuat laporan ke FIFA bahwa wasit Indonesia sudah siap menjalankan VAR di Liga 1.

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

"Pada hari ini kita mengadakan final assessment dari 16-26 Maret untuk menilai kemampuan, kebolehan, capability, bagaimana wasit berkomunikasi di dalam VOR atai Video Operational Room," kata Subkhiddin.

"Jadi keputusannya adalah sangat baik. Saya boleh katakan lulus. Pada masa yang akan datang nanti menggunakan VAR," ujarnya, menambahkan.

Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

Selanjutnya wasit-wasit VAR yang berjumlah 13 orang, asisten wasit VAR sebanyak 22 orang, akan menjalani penyegaran, sambil menunggu lisensi dari FIFA dikeluarkan.

Jika lisensi sudah dikeluarkan, otomatis Indonesia telah punya sumber daya manusia untuk menggunakan VAR. Rencananya VAR akan digunakan saat Championship Liga 1.

"Mereka sudah siap, hanya saja kita perlu berhati-hati karena kita memerlukan konfirmasi supaya mereka benar siap, agar tak mengganggu jalannya laga," kata Subkhiddin.

"Kami tidak mau penonton menunggu terlalu lama karena ada kalangan VAR yang melakukan pengecekan terlalu lama. Kita mau tanam keyakinan agar mereka bersiap," ujarnya. 

Sementara itu, Project Manager Technology PT Liga Indonesia Baru (LIB) Muhammad Syafiq Bahanan mengatakan, dalam pertandingan Liga 1 nanti, akan ada empat wasit yang akan bertugas di lapangan, yaitu satu wasit utama, dua asisten wasit atau hakim garis, dan satu cadangan.

Sedangkan untuk membantu pengadir utama di dalam lapangan, ada tim wasit VAR yang bekerja dalam ruangan. Mereka adalah wasit VAR, asisten wasit VAR, dan operator VAR. Syafiq menambahkan, khusus wasit dan asisten wasit VAR harus berlisensi FIFA.

Untuk Liga 1, tambah dia, saat ini Indonesia memiliki 13 wasit yang berlisensi VAR dan 22 orang berlisensi asisten wasit VAR.

"Jadi, besok adalah hari terakhir training [wasit VAR] dan insyaallah kita akan ready [siap] untuk gunakan VAR bulan Mei Championship Liga 1," kata Syafiq menjelaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya