Shin Tae-yong Mau Timnas Indonesia Kaya Taktik

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Timnas Indonesia U-23 memenangkan pertandingan pamungkas Grup A SEA Games 2021 menghadapi Timnas Myanmar. Kemenangan 3-1 didapat skuad asuan Shin Tae-yong dalam laga yang dilangsungkan di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Vietnam pada Minggu sore WIB 15 Mei 2022.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Indonesia mencetak gol cepat pada pertandingan ini. Egy Maulana Vikri membuka keunggulan pada menit keenam. Selang empat menit kemudian, giliran Witan Sulaeman yang menambah keunggulan.

Di pengujung babak pertama, Indonesia berhasil unggul 3-0. Tendangan dari luar kotak penalti dilepaskan oleh Marselino Ferdinan.

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan

Myanmar enggan menyerah begitu saja. Pada babak kedua mereka menekan pertahanan Indonesia, tapi cuma satu gol dari Win Naing Tun pada menit 67 yang bisa didapat.

Kemenangan atas Myanmar ini mengantarkan Indonesia ke semifinal SEA Games 2021. Mereka menjadi runner up Grup A di bawah Vietnam yang memiliki 10 poin.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Usai pertandingan, pelatih Indonesia Shin Tae-yong mengaku melakukan perubahan taktik dari sebelumnya melawan Filipina. Dia menyadari Myanmar punya kelebihan dalam organisasi permainan.

Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Photo :
  • pssi.org

"Memang taktik lawan Filipina dan Myanmar berbeda. Myanmar memang oke dalam organisasi permainan, tetapi saya menerapkan taktik pressing yang baik," kata Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI.

Taktik yang diinginkan Shin Tae-yong dijalankan dengan baik oleh para pemain. Sehingga skuad Garuda bisa memenangkan pertandingan.

"Taktik itu berjalan dengan baik sehingga kami mendapatkan kemenangan," tutur mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Dalam menjalani pertandingan di SEA Games 2021, Shin Tae-yong mengaku selalu menerapkan taktik yang berbeda. Dia selalu mencoba beradaptasi untuk meredam kekuatan lawan.

"Strategi yang saya terapkan itu tergantung lawan yang dihadapi," ujar Shin Tae-yong.

Pada pertandingan semifinal SEA Games 2021, Indonesia tinggal menanti lawan. Yang mereka hadapi antara Malaysia atau Thailand yang akan saling berebut posisi puncak klasemen Grup B.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya