HUT Arema, Pelaku UMKM Untung Miliaran Rupiah

Toko penjual atribut Arema FC diserbu warga Malang Raya.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA Bola – Gegap gempita perayaan hari ulang tahun ke-35 tim Arema berdampak positif pada pelaku UMKM penjual atribut Singo Edan. Dagangan pelaku UMKM laku keras diborong para ASN, pegawai swasta hingga pelajar di Malang Raya.

Kemenkominfo Gratiskan IDTH untuk UMKM

Tiga kepala daerah di Malang Raya, yakni Pemkot Malang, Pemkab Malang, dan Pemkot Batu sepakat mengeluarkan imbauan beratribut Arema dalam bekerja atau berdinas di lingkungan Pemkot dan Pemkab. Imbauan ini ternyata juga diikuti oleh instansi lain seperti perkantoran hingga sekolah.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, kebijakan anjuran tersebut telah berdampak positif terhadap pelaku UMKM utamanya penjual atribut klub Arema FC. Bahkan diklaimnya bahwa perputaran ekonomi yang ada mencapai angka miliaran rupiah.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

"Kebijakan ini respon baiknya adalah pergerakan UMKM, kami sudah hitung, kurang lebih perputaran ekonomi ada miliaran rupiah dan ini luar biasa untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan," kata Sutiaji, Jumat, 12 Agustus 2022.

Sutiaji mengakui beberapa warganya ada yang mempertanyakan kebijakan ini. Sebab, beberapa warga banyak yang kehabisan stok atribut Arema ketika akan membeli ke store, outlet, toko atau yang berjualan di pasar. Sutiaji pun menjelaskan bahwa surat edaran yang dibuat sifatnya tidak memaksa.

Perkuat Sinergi dan Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai Jalin Koordinasi dengan Pemerintah Daerah

"Memang ada yang tanya 'pak kok sampai SD', kan saya anjuran saja. Bahasa kami kan atribut, bisa pakai atribut pin, tapi kalau anak-anak kan suka enggak mau jadi mintanya kaus, sampai ada yang nangis, itu adalah dinamika kebijakan," ujar Sutiaji.

Toko penjual atribut Arema diserbu warga Malang Raya.

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

Sementara itu, penjaga toko Ultras Malang Rizky Fadillah mengungkapkan, penjualan atribut Arema dalam beberapa hari terakhir mencapai ratusan pcs. Bahkan, stoknya kini sudah menipis dan hanya tersedia yang dipajang saja. Padahal di hari biasa penjualan hanya di angka belasan pcs. Dia pun mengakui hari jadi Arema membawa berkah bagi pelaku UMKM di Kota Malang.

Penjualan merchandise Arema FC

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

"Ulang tahun Arema ini membawa berkah bagi penjual merchandise, pelaku UMKM semua terbantu. Item yang banyak terjual kaos, jersey dan syal. Mulai dewasa, remaja, anak-anak hingga bayi. Kita buat diskon 35 persen spesial HUT Arema," tutur Rizky.

Salah satu pembeli atribut Arema adalah Happy Laksamana warga Bunul Kota Malang. Aremania ini harus mencari sejumlah toko penjual atribut Arema karena banyak dari toko-toko stoknya sudah habis. Dia beli kaus untuk anaknya yang kini duduk di kelas 6 sekolah dasar.

"Tidak keberatan sih (surat imbauan) cuma mendadak ya. Tetapi sebagai orangtua kita mendukung karena ini kan ultah Arema. Jadi kita mendukung Arema, memang suka Arema," kata Happy Laksamana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya