Timnas Indonesia U-20 Dibobol Gol Cepat Moldova, Shin Tae-yong Soroti Lemahnya Lini Pertahanan

Pertandingan Timnas Indonesia U-20 vs Moldova U-20.
Sumber :
  • Dok. PSSI

VIVA Bola – Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, menyoroti kinerja lini pertahanan skuad besutannya saat kemenangan 3-1 atas Moldova dalam laga uji coba di Turki, pada Selasa malam WIB, 1 November 2022.

Terpopuler: 6 Pemain Bidikan Inter Milan, Pengakuan Pelatih Korsel Usai Dihajar Indonesia

Timnas Indonesia U-20 sempat tertinggal lebih dulu dalam pertandingan tersebut, sebelum mereka mampu membalikkan kedudukan lewat gol-gol yang dicetak Rabbani Tasnim, Muhammad Ferarri, dan Marselino Ferdinan.

Penyerang Timnas Indonesia U-20, Rabbani Tasnim

Photo :
  • Twitter/@PSSI
Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

Sebelum mencetak tiga gol, tim berjuluk Garuda Nusantara itu tampil agak kesulitan. Bahkan, mereka harus kebobolan cepat pada menit keenam lewat gol Vicu Bulmaga.

Gol pembuka di pertandingan tersebut bermula dari tendangan bebas dilepaskan oleh salah satu pemain Moldova U-20 yang tak bisa diantisipasi para pemain Indonesia, sehingga Bulmaga yang berdiri bebas dapat menyambar bola.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Shin Tae-yong pun langsung merotasi pemain di barisan pertahanan tak lama setelah gol cepat tersebut. Hasilnya, permainan Timnas Indonesia U-20 menjadi lebih baik hingga mampu membalikkan kedudukan.

Namun, Shin Tae-yong tetap meminta kepada para pemain belakangnya agar lebih cerdas dalam meminimalisir kesalahan, termasuk menjaga konsentrasi.

"Untuk masalah pertahanan kami (harusnya) bisa bermain lebih menunggu. Dengan bermain tanpa menunggu akan memberi peluang (untuk lawan). Harus cerdas sebagai pemain bertahan," kata Shin Tae-yong dalam keterangannya usai pertandingan.

Selain masalah lini belakang, pelatih asal Korea Selatan itu juga menyoroti penampilan para juru gedornya, karena kurang klinis saat mendapatkan peluang.

Ronaldo Kwateh saat Timnas Indonesia U-20 vs Turki U-20

Photo :
  • PSSI

"Memang setiap pertandingan ada saja banyak sekali evaluasi, terutama finishing yang harus difokuskan lagi," ucap Shin Tae-yong.

Laga melawan Moldova U-20 merupakan pertandingan uji coba ketiga Timnas Indonesia U-19 dalam pemusatan latihan di Turki. Sebelumnya, mereka meraih kemenangan 2-1 atas Cahallikli Spor, setelah itu kalah 1-2 dari Turki U-20.

Timnas Indonesia U-20 akan kembali menghadapi Moldova pada 4 November mendatang. Setelah itu rencananya pemusatan latihan akan bergeser ke Spanyol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya