PSSI Legawa Timnas Indonesia Tak Bisa Gunakan SUGBK di Piala AFF 2022

Suporter memberikan dukungan kepada timnas Indonesia yang melawan timnas Timor Leste dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Bola – Timnas Indonesia dipastikan tidak dapat menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai kandang mereka di ajang Piala AFF 2022. Hal itu karena SUGBK sudah memasuki tahap renovasi untuk menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2023.

Piala Asia Wanita U-17 Segera Dimulai di Pulau Dewata, Gratis Buat yang Mau Nonton

Menanggapi hal ini, PSSI merasa legawa dan tidak masalah Timnas Indonesia tak bisa menggunakan SUGBK di Piala AFF 2022 nanti. Apalagi, keputusan itu juga sangat diperlukan demi menjaga kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-2023.

"Aturannya memang demikian karena mau dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023. Enam stadion buat Piala Dunia U-20 2023 jelas tidak diperuntukkan untuk kegiatan lain termasuk timnas, dan GBK masuk dalam daftar tersebut," kata sekretaris jenderal PSSI, Yunus Nusi, kepada wartawan di Jakarta, Jumat 4 November 2022.

5 Potret Keharmonisan Keluarga Shin Tae-yong dan Istri Cantiknya yang Bak Artis Korea

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

Lebih lanjut, Yunus Nusi mengatakan, stadion yang sudah terdaftar menjadi venue Piala Dunia U-20 2023 tidak boleh digunakan kegiatan apapun sejak November ini. Makanya, PSSI nantinya akan mencari stadion lain untuk kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 ketimbang memaksakan tampil di SUGBK.

Pesan KBRI Doha untuk Suporter Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Irak

"Sejak November ini sudah masuk proses perbaikan dan penyempurnaan oleh Kementerian PUPR dan Pemprov, Pemkab, atau Pemkot. Termasuk klub Liga 1 juga tidak bisa memakai. Fokusnya pembenahan untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023," ucap Yunus Nusi.

"Untuk enam stadion Piala Dunia U-2023, sudah ada kesepakatan bersama antara PUPR, PSSI, Kemenpora, dan Pemkab atau Pemkot. Jadi, tidak perlu harus ke Sekretariat Negara juga sudah tidak bisa digunakan," sambungnya.

Adapun di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia yang tergabung di Grup A. Skuad berjuluk Garuda itu akan memainkan dua laga kandang di babak fase grup saat menghadapi Kamboja pada 23 Desember 2022 dan Thailand pada 29 Desember 2022. 

Tim Merah-Putih akan kembali bermain di kandang jika berhasil lolos ke babak semifinal dan final. Sementara itu, dua pertandingan lainnya di fase grup melawan Brunei Darussalam/Timor Leste pada 26 Desember 2022 dan Filipina pada 2 Januari 2023, Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya