Peringatan Asisten Shin Tae-yong ke Timnas U-20: Yang Tidak Punya Mental Akan Hilang!

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Nova Arianto
Sumber :
  • VIVA / Yudhi Maulana

VIVA – Selesai sudah pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 di Eropa. Sebanyak 35 pemain dibawa pelatih Shin Tae-yong untuk menjalani TC yang diperuntukan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 tersebut.

Indonesia U-23 Belum Berhasil ke Olimpiade, Shin Tae-yong Diusir Wasit

Timnas U-20 memulai TC di Turki pada 16 Oktober dan rampung pada 13 November lalu. Skuad Garuda Nusantara mencatat rapor yang cukup impresif di Turki karena hanya menelan satu kekalahan dari empat pertandingan yang dijalani.

Empat laga uji coba uga dijalani Marselino Ferdinan cs saat TC di Spanyol. Mereka menghadapi Slovakia U-20, Prancis U-20, Valerenga FC U-20, dan Malaga U-19.

Susunan Pemain Indonesia U-23 Vs Guinea U-23

Namun, Timnas U-20 gagal meraih satu kemenangan pun. Dari empat laga tersebut, Timnas U-20 menelan tiga kekalahan dan satu kali imbang.

Asisten pelatih Shin Tae-yong, Nova Arianto mengatakan tim pelatih sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan para pemain. Dia mengatakan, para pemain harus memiliki mental yang kuat.

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea

"Akhirnya selesai sudah Training Center di sini dan semakin tahu kekurangan tim ini di mana dan kami bisa menilai kesiapan tim ini apabila dibandingkan dengan calon lawan kita di Piala Dunia," kata Nova di Instagram.

Eks pemain Persib Bandung itu menambahkan, pemain harus punya mental kuat dan  tanggung jawab untuk bermain di Tim Nasional. Karena jika tidak, pemain-pemain tersebut pastinya akan hilang, atau tidak akan dipilih lagi.

"Pemain harus punya mental kuat dan pemain harus punya tanggung jawab untuk bermain di Tim Nasional karena Tim Nasional bukan tempat untuk main-main," kata Nova.

"Buat pemain yg tidak punya MENTAL kuat dan tidak punya MENTAL untuk bersaing dengan lainnya pastinya akan hilang dengan sendirinya," ujar Nova, menegaskan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya