Akui Timnas Indonesia Unggulan, Thailand Tetap Yakin Juara Piala AFF

Pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking
Sumber :
  • Foto: Twitter/Changsuek_TH

VIVA – Pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking percaya diri timnya bisa menjadi juara Piala AFF 2022/2023.

Pengakuan Pelatih Irak Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23

Thailand saat ini memuncaki klasemen Grup A dengan poin enam setelah memenangkan dua pertandingan.

Pada partai ketiga, Tim Gajah Perang bakal menghadapi Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis 29 Desember 2022.

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Irak Malam Ini

Poling mengakui, Indonesia merupakan unggulan untuk menjadi juara bersama pesaing lainnya seperti Vietnam, dan Malaysia.

Tapi, Polking tetap percaya diri bahwa timnya bisa kembali menjadi juara pada ajang paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

5 Potret Rafael Struick Pemain Timnas Indonesia Keturunan Belanda Idola Para Wanita

"Ambisi kami selalu jelas, yaitu memenangi turnamen ini apalagi sudah juara enam kali di ajang ini. Kami siap memenangi gelar ketujuh sekarang," Alexandre Polking.

"Kami siap untuk menjadi juara. Kami siap untuk membuktikannya bahwa punya kualitas (bersaing) dengan Vietnam, Indonesia, dan Malaysia yang menjadi kandidat kuat juara," sambungnya.

Lebih lanjut, pelatih asal Brasil tersebut mengatakan performa tim asuhanya saat ini cukup konsisten dari laga ke laga. 

Hal itu terbukti. Thailand belum terkalahkan dua laga terakhir, yakni menang 5-0 atas Brunei Darussalam dan 4-0 atas Filipina.

"Kami punya cukup pemain berkualitas untuk melakukan itu. Itu (demi) juara lagi," tegas Polking.

Harus diakui, Thailand saat ini lebih digdaya ketimbang Indonesia. Dilansir 11v11, Indonesia dan Thailand sudah bertemu 80 kali sejak 1957 hingga 2022 di semua kompetisi.

Hasilnya, Thailand lebih dominan dengan mencatatkan 40 kemenangan. Sedangkan Indonesia cuma mengemas 25 kemenangan, dan 15 pertandingan lainnya berakhir imbang.

Adapun pertemuan pertama Indonesia dengan Thailand terjadi di Piala Merdeka 1957. Ketika itu, Indonesia berhasil meraih kemenangan telak 4-0.

Sedangkan pertemuan terakhir kedua tim terjadi di final leg kedua Piala AFF 2020. Skor berakhir sama kuat 2-2, namun Thailand berhak menjadi juara setelah menang 4-0 pada leg pertama.

Jika dikerucutkan dalam lima laga terakhir, Thailand juga lebih digdaya ketimbang Indonesia dengan tidak pernah menelan kekalahan.

Hasil Terbaik Indonesia yakni dua kali menahan imbang yang terjadi pada leg kedua final AFF 2020 kemudian kualifikasi Piala Dunia 2021. Tiga laga sisa berakhir dengan kekalahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya