Jadi Venue Piala Dunia U-17, Ini 5 Fakta Menarik Jakarta International Stadium

Masyarakat mengunjungi proyek Jakarta Internasional Stadium, Jakarta Utara.
Sumber :
  • ANTARA/Ricky Prayoga

VIVA Bola - Setelah Indonesia resmi ditujuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17, Jakarta International Stadium diperkirakan akan digunakan menjadi venue gelaran tersebut.

Pelatih yang Bawa Timnas Argentina Juara Piala Dunia Meninggal

Akan tetapi penunjukan Jakarta International Stadium belum bisa dipastikan akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17. Namun setelah Gelora Bung Karno akan digunakan oleh konser Coldplay, nama stadion JIS mencuat akan digunakan laga pembuka Piala Dunia.

Berikut beberapa menarik Jakarta International Stadion, dilansir berbagai sumber:

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

1. Awal Mula Jakarta International Stadium

Jakarta International Stadium (JIS).

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali
Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Sebelum menjadi Jakarta International Stadium, stadion tersebut memiliki nama Bersih Manusiawi Wibawa. Sebelum dibangun menjadi JIS dulunya merupakan Taman Bersih Manusiawi Wibawa yang luas total 66,6 hektar.

2. Stadion Pengganti Lebak Bulus

Papan penunjuk zona di Jakarta International Stadium (JIS).

Photo :
  • ANTARA/Abdu Faisal

Jakarta International Stadium merupakan stadion pengganti Stadion Lebak Bulus yang kini dirobohkan untuk membangun Depo MRT Lebak Bulus. Pembangaun Stadion Jakarta Internasional Stadium pertama kali di bangun pada 2008 pada masa pemerintahan Fauzi Bowo.

3. Fasilitas Tempat Duduk

Warga berdatangan jelang grand launching Jakarta International Stadium (JIS).

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

Jakarta International Stadium menjadi stadion terbesar di Indonesia setelah Gelora Bung Karno. Selain itu juga, JIS memiliki kapasitas 80.000 tempat duduk. Selain itu, setelah melakukan beberapa kali renovasi, kapasitas bertambah menjadi 82.000 tempat duduk.

4. Anggaran Jakarta International Stadium

Stadion Jakarta International Stadium

Photo :
  • instagram

Pembangunan stadion megah ini membutuhkan dana sekitar 4.5 T dengan sumber pendanaan yang berasal dari APBD (Penyertaan Modal Daerah). Sementara itu, untuk pengelolaan fasilitas akan dikelola oleh PT Jakpro dengan sumber pendanaan yang lain. Untuk pemenuhan pendanaan pembangunan JIS, Pemprov DKI sudah memproses pendanaan dengan rincian, tahun 2019 terpenuhi 900 miliar dari kebutuhan sebesar 1.7 triliun.

Sementara itu, tahun 2020 telah terpenuhi sebesar Rp1,1 triliun dari total dana yang dibutuhkan sekitar Rp2.5 triliun. Lalu, untuk tahun 2021 sudah dianggarkan Rp2,4 triliun guna memenuhi seluruh kebutuhan pendanaan. Tapi, hingga ini masih menunggu proses pencairan dana PEN. Tahun 2020 dan 2021 pendanaan didukung dengan pinjaman daerah PEN Pemerintah Pusat.

5. Kecanggihan Jakarta International Stadium

Foto aerial pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Jakarta International Stadium memiliki beberapa kecanggihan di antaranya, atas stadion bisa dibuka ataupun di tutup. Jadi ketika laga berlangsung kemudian turun hujan deras, maka atas stadion secara otomatis akan menutup sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya